%0 Generic %A MASGUSTI DINDA BIDARI, 1313021050 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %F eprints:29036 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 21 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2016/2017) %U http://digilib.unila.ac.id/29036/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Guided Inquiry ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Bandarlampung tahun pelajaran 2016/2017 yang terdistribusi dalam 11 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-H dan VIII-I yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Guided Inquiry tidak efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata kunci: efektivitas, guided inquiry, pemecahan masalah matematis