%A 1523021034 Astri Setyawati %T PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS ALQURUN TEACHING MODEL (ATM) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA %X ABSTRAK Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa LKPD berbasis ALQURUN Teaching Model (ATM), dan menguji efektivitasnya terhadap kemampuan komunikasi matematis. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Purbolinggo Tahun Pelajaran 2016/2017. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan komunikasi matematis. Karakteristik LKPD berbasis ATM pada materi statistika dikembangkan berdasarkan sintaks ATM, yaitu acknowledge, literature, quest, unite, refine, use, dan name. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa LKPD berbasis ATM telah memenuhi standar kelayakan isi, media, dan bahasa serta layak digunakan dan termasuk dalam kategori baik. Hasil uji coba lapangan awal dan hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan LKPD berbasis ATM lebih tinggi daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang tidak menggunakan LKPD berbasis ATM. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis ATM efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, LKPD, ATM. ABSTRACT This research and development aims to produce LKPD based on ALQURUN Teaching Model (ATM), and test their effectiveness on mathematical communication skills. The subjects of this study are students of class VII Formal Junior High School 1 Purbolinggo period 2016/2017. Research data obtained by mathematical communication ability test. Characteristics of the LKPD based on ATM statistical materials developed by ATM syntax, they are the acknowledge, literature, quest, unite, refine, use, and name. The result of the expert validation indicate that LKPD based on ATM meets the content, media, and language feasibility standard and appropriate for using and included in good category. The results of initial field trials and field test results are represent students mathematical communication skills using LKPD based on ATM, higher than the mathematical communication ability of students who do not use LKPD based on ATM. Therefore it can be concluded that LKPD part based on ATM be effective to improving students mathematical communication ability. Keywords: Mathematical Communication, Student?s Worksheet, ATM. %D 2017 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %L eprints29094