%0 Generic %9 Other %A Rizki Dwi Amanda, 1013031086 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2014 %F eprints:2910 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR DI SEKOLAH DAN DISIPLIN BELAJAR MELALUI MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI KELAS XI IPS SEMESTER GANJIL SMA NEGERI 1 TERBANGGI BESAR TAHUN PELAJARAN2013/2014 %U http://digilib.unila.ac.id/2910/ %X Berdasarkan data nilai UAS semester ganjil pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Terbanggi Besar Tahun Pelajaran 2013/2014, dapat dikatakan hasil belajar yang dicapai siswa masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh persepsi siswa tentang pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah dan disiplin belajar melalui motivasi belajar terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Terbanggi Besar Tahun Pelajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah 151 siswa dengan sampel 108 siswa, dengan sampel menggunakan teknik proporposional random sampling. Metode yang digunakan deskriptif verifikatif dengan pendekatan Ex Post Facto dan survey. Untuk menguji semua hipotesis menggunakan regresi linier dengan analisis jalur. Hasil analisis menunjukan bahwa: (1)Ada pengaruh positif secara signifikan persepsi siswa tentang pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah terhadap motivasi belajar. (2)Ada pengaruh positif secara signifikan disiplin belajar terhadap motivasi belajar. (3)Ada hubungan positif secara signifikan persepsi siswa tentang pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah dengan disiplin belajar terhadap hasil belajar. (4)Ada pengaruh langsung secara signifikan persepsi siswa tentang pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar. (5)Ada pengaruh langsung secara signifikan disiplin belajar terhadap hasil belajar. (6)Ada pengaruh positif secara signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar. (7)Ada pengaruh positif secara signifikan persepsi siswa tentang pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah terhadap hasil belajar Ekonomi melalui motivasi belajar. (8)Ada pengaruh positif secara signifikan disiplin belajar terhadap hasil belajar Ekonomi melalui motivasi belajar. (9)Ada pengaruh positif secara signifikan persepsi siswa tentang pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah dan disiplin belajar terhadap motivasi belajar. (10)Ada pengaruh positif secara signifikan persepsi siswa tentang pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah, disiplin belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar. Kata kunci : disiplin, motivasi, pemanfaatan fasilitas