TY - THES ID - eprints29127 UR - http://digilib.unila.ac.id/29127/ A1 - JANIE IRMA SURYANI, (1420353042) Y1 - 2017/10/30/ N2 - Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk RPP berbasis bermain peran yang tepat bagi siswa kelas IV SD dan mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang difokuskan pada pemahaman nilai-nilai demokrasi. Metode yang digunakan adalah Research & Development (R&D). Alat pengumpulan data menggunakan lembar angket dan tes soal berupa essay. Populasi penelitian ini 449 siswa dan sampel 60 siswa. Data analisis menggunakan Uji-t, hasil penelitian menunjukkan bahwa RPP berbasis bermain peran valid dan efektif digunakan sebagai perangkat pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa hasil belajar yang dicapai oleh kelompok siswa kelas IV SD yang menggunakan RPP berbasis bermain peran lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan RPP konvensional. Kata Kunci: RPP, Bermain Peran, Hasil Belajar Nilai-Nilai Demokrasi. abstract The aim of this research is to produce a lesson plan based on role playing that proper for 4th grade students and to know the difference of learning result between the students which focused on democracy values understanding. The method that used in this research is Research & Development (R&D). The collecting data tool using questionnaire and essay test. Population for this research are 449 students and 60 students is chosen as sample. Data analysis using t-Test. The result of this research shows that lesson plan based on role playing valid and effective used as instructional set in improving student leaning result. Hypothesis testing also shows that learning result that achieved by students?s group whose using lesson plan based on role playing is higher than the group who using conventional lesson plan. Key Word: lesson plan, role playing, learning result in democracy values PB - UNIVERSITAS LAMPUNG M1 - masters TI - PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS BERMAIN PERAN UNTUK PEMAHAMAN NILAI-NILAI DEMOKRASI PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR AV - restricted ER -