%A 1313054043 RATISYA %T PENGARUH PENGGUNAAN METODE PROYEK TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK YURIDESMA SARI BANDARLAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017 %X Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan perkembangan kognitif anak dalam mengklasifikasikan benda berdasarkan warna, bentuk, dan ukuran di tk di tk Yuridesma Sari Bandar lampung masih rendah. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji pengaruh penggunaan metode proyek terhadap perkembangan kognitif anak dalam mengklasifikasikan benda berdasarkan warna, bentuk, dan ukuran pada saat sesudah dan sebelum diberikan perlakuan menggunakan metode proyek. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah experiment dengan sampel penelitian 22 anak. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan Total Sampling. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah uji regresi linier sederhana. Hasil menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dengan menggunakan uji regresi linier sederhana pada saat sesudah menggunakan metode proyek yaitu sebesar 13,863% dan ada pengaruh penggunaan metode proyek terhadap perkembangan kognitif anak di TK Yuridesma Sari usia 5-6 tahun Bandar Lampung, hal ini ditunjukan dengan dengan uji regresi linier sederhana yaitu adanya peningkatan sebesar 22,090%. Kesimpulannya penelitian ini adalah perkembangan kognitif anak dalam mengklasifikasikan benda berdasarkan warna, bentuk, dan ukuran pada anak setelah penggunakan metode proyek memperoleh nilai lebih tinggi dibandingkan dengan sebelum menggunakan metode proyek. Kata Kunci : anak usia dini, perkembangan kognitif, metode proyek ABSTRACT the problem in this research is the ability of cognitive development of children in classifying objects based on color, shape, and size in tk at tk Yuridesma Sari Bandar Lampung is still low. This study was conducted to examine the effect of the use of project methods on the cognitive development of children in classifying objects based on color, shape, and size at the time after and before treatment is given using the project method. The method used in this research is the experiment with the sample of 22 children. Sampling was done using Total Sampling. The analysis technique used in this research is simple linear regression test. The results showed a significant difference by using a simple linear regression test after using the project method that is 13.863% and there is penagruh the use of project methods to the cognitive development of children in TK Yuridesma Sari aged 5-6 years Bandar Lampung, this is indicated by the test simple linear regression is an increase of 22.090%. The conclusion of this study is the cognitive development of children in classifying objects based on color, shape, and size in children after the use of project methods scored higher than before using the project method Keywords: early childhood, cognitive development %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints29137