title: PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PORTOFOLIO PADA PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN creator: DWIPA FREDY PUTRI, 1123031011 subject: description: Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan menggunakan model pembelajaran portofolio serta pengamatan berpikir kritis siswa. Alat pengamatan yang digunakan kamera dan video. Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi, catatan lapangan, lembar tes, dan kamera. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian tindakan kelas, siklus I menggunakan media surat kabar menunjukkan kegiatan guru dan berpikir kritis siswa dalam kategori kurang baik. Siklus II menggunakan media surat kabar, dan internet juga menunjukkan belum mencapai indikator yang diharapkan pada berpikir kritis siswa. Siklus III terjadi peningkatan berpikir kritis siswa menggunakan media surat kabar, internet dan pejabat terkait dalam penggunaan model pembelajaran portofolio. Siswa sudah dapat menganalisis, menghubungkan dan mengevaluasi semua aspek permasalahan, melakukan pemusatan pada bagian permasalahan, mengumpulkan dan mengatur informasi, memeriksa kebenaran informasi, menentukan alasan dari jawaban, mengingat dan menghubungkan dengan pembelajaran yang terdahulu, menarik kesimpulan, serta menganalisis dan merefleksinya secara alami. Kata kunci: berpikir kritis, model pembelajaran portofolio Classroom action research aims to determine the planning and implementation of civic education using portofolio learning model and observation of students' critical thinking. Observation tool used camera and video. Data collection techniques obtained from observation, field notes, test sheets, and camera. Processing techniques and data analysis using descriptive analysis. Results of classroom action research, cycle I using newspaper media showed activities of teachers and students' critical thinking in the unfavorable category. Cycle II using newspaper media, and Internet also shows yet reached the expected indicators on students' critical thinking. Cycle III there is increase students' critical thinking using newspaper media, internet and related officials in using portofolio learning model. Students are able to analyze, correlate and evaluate all problem aspects, perform centering on issues, gather and organize information, verify information, determine the reason of answer, remembering and connecting with the previous study, draw conclusions, analyze and reflect on it naturally. Keywords: critical thinking ability, portofolio learning model date: 2014-08-19 type: Tesis type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2914/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2914/2/COVER%20LUAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2914/5/COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2914/3/DAFTAR%20GAMBAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2914/14/LEMBAR%20PERSETUJUAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2914/11/LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2914/13/LEMBAR%20PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2914/8/MOTO.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2914/9/PERSEMBAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2914/10/RIWAYAT%20HIDUP.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2914/12/SANWACANA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2914/4/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2914/6/DAFTAR%20TABEL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2914/15/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2914/16/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2914/17/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2914/20/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2914/19/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/2914/18/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf identifier: DWIPA FREDY PUTRI, 1123031011 (2014) PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PORTOFOLIO PADA PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. Masters thesis, Univesitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/2914/