TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints29145 UR - http://digilib.unila.ac.id/29145/ A1 - EMMELIA RIAN SEPTIANI, 1513069045 Y1 - 2017/10/25/ N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika siswa SD Negeri 2 Sukajawa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV A melalui penerapan model pembelajaran STAD. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan setiap siklusnya terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpul data yang digunakan berupa lembar observasi dan soal tes formatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik nontes dan teknik tes. Teknik analisis data berupa analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika. Persentase aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I mendapat katagori ?Aktif?, kemudian pada siklus II menjadi ?Sangat Aktif?. Hasil belajar kognitif siswa pada siklus I katagori ??Kurang Tinggi?, pada siklus II menjadi ?Tinggi?. Kata kunci: aktivitas,hasil belajar, STAD. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STAD DI KELAS IV A SD NEGERI 2 SUKAJAWA AV - restricted ER -