TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints29158 UR - http://digilib.unila.ac.id/29158/ A1 - SRI WULANDARI, 1343034018 Y1 - 2017/09/14/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan hasil belajar geografi siswa melalui penggunakan media pembelajaran video visual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas X IPS SMAN 1 Kedondong. Objek penelitian adalah media video visual untuk meningkatkan efektivitas dan hasil belajar siswa, teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Analisi data menggunakan Uji T. Nilai rerata pretest hasil belajar geografi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol tidak berbeda, Nilai rerata posttest hasil belajar geografi pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, Hal ini disebabkan oleh diberikanya perlakuan pembelajaran menggunakan media video visual pada kelas eksperimen, sedangkan kelas kontrol menerapkan pembelajaran menggunakan media power point sehingga hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Penerapan media video visual pada kelas eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa hal ini terbukti dari peningkatan hasil belajar, hasil penelitian menunjukan bahwa media video visual pada kelas eksperimen dapat meningkatkan efektivitas dan hasil belajar geografi di SMAN 1 Kedondong. Kata Kunci: Efektivitas belajar, hasil belajar, media video visual EFFECTIVENESS OF VIDEO LEARNING VIDEO LEARNING IN EFFORTS TO IMPROVE STUDENT LEARNING RESULTS AT LEARNING GEOGRAPHY EYE CLASS X IN SMAN 1 KEDONDONG YEAR 2016/2017 The research purpose is to increase the students activities and geography learning result using video visual media of learning. The method of this research is quasi experiments. The subjects of this research are the students of social grade, State Senior High School SMAN 1 Kedondong. Object of research is video visual media to increase activites and result study. Data collection techniques using tests and documentation. Research use T test to analysis data. The mean value of posttest of learning result of geography in the experimental class is higher than the control class. This is caused by the treatment of learning using video visual media in the experimental class, while the control class apply the learning using power point media so that the students' learning outcomes are higher than the class. The application of visual video media in the experimental class can improve students' learning outcomes. This is evident from the improvement of learning outcomes, the research results show that visual video media in the experimental class can improve the effectiveness and the geography learning result at SMAN 1 Kedondong. Keywords: Learning effectiveness, learning outcomes, media visual video PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - EFEKTIVITAS PEMANFAATAN VIDEO VISUAL PEMBELAJARAN DALAM UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI SMAN 1 KEDONDONG TAHUN 2016/ 2017 AV - restricted ER -