%A 1343031011 AGUSTIN YAMIN GHOLIYAH %T PERBANDINGAN LIFE SKILL SISWA YANG PEMBELAJARANNYA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING CHIP DAN THINK TALK WRITE DENGAN MEMPERHATIKAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN KELAS X DI SMK NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017 %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model pembelajaran talking chips dan think talk write dengan memperhatikan kecerdasan emosional (EQ) siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen treatment by level. Populasi penelitian seluruh siswa kelas X SMK Negeri 2 Bandar Lampung dan sampel sebanyak 66 siswa yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Pengujian hipotesis menggunakan rumus analisis varian dua jalan dan t-test dua sampel independen. Hasil analisis data menunjukkan (1)ada perbedaan life skill antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran talking chips dan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran think talk write pada mata pelajaran kewirausahaan, (2)life skill siswa yang pembelajaran menggunakan model pembelajaran talking chips lebih baik dari pada siswa yang pembelajaran menggunakan model pembelajaran think talk write pada siswa yang memilik kecerdasan emosional (EQ) tinggi pada mata pelajaran kewirausahaan, (3)life skill siswa yang pembelajaran menggunakan model pembelajaran think talk write lebih baik dari pada siswa yang pembelajaran menggunakan model pembelajaran talking chips pada siswa yang memilik kecerdasan emosional (EQ) rendah pada mata pelajaran kewirausahaan, (4)ada interaksi antara model pembelajaran dengan kecerdasan emosional (EQ) terhadap life skill. Katakunci: lifeskills, talking chips, think talk write, kecerdasan emosional. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints29187