creators_name: AYU SUMUNARINGTIASIH, 1013021028 creators_id: ayusumu35@gmail.com type: other datestamp: 2017-12-11 04:50:01 lastmod: 2017-12-11 04:50:01 metadata_visibility: show title: PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA ispublished: pub subjects: L1 subjects: QA full_text_status: restricted abstract: Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning atau PBL terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kemampuan komunikasi matematis adalah kemampuan siswa dalam mengomunikasikan gagasan, ide dan pemahamannya tentang konsep matematika yang dilihat melalui kemampuan siswa dalam menggambar (drawing), menulis (written text) dan ekspresi matematika (mathematical expression). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Punggur tahun ajaran 2016/2017 yang terdistribusi dalam delapan kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII.1 dan VII.2 yang diambil dengan teknik purposive sampling Penelitian ini menggunakan desain pretest-posttest control group design. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa model PBL berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci: model problem based learning, komunikasi matematis date: 2017-11-06 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: AYU SUMUNARINGTIASIH, 1013021028 (2017) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/29193/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/29193/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/29193/3/SKRIPSI%20FULL.pdf