@misc{eprints29194, month = {Oktober}, title = {PENGARUH METODE PROBLEM POSING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Tri Sukses Natar Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017)}, author = { 1343021014 REVY SILFIANA PRATIWI}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN }, year = {2017}, url = {http://digilib.unila.ac.id/29194/}, abstract = {Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode problem posing terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Tri Sukses Natar tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan design pretest-posttest control group design. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling dan seluruh siswa kelas VII B dan VII C terpilih. Data penelitian berupa data kuantitatif yang diperoleh melalui tes pemahaman konsep pada materi garis dan sudut. Analisis data menggunakan uji Mann-Whitney U. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa metode problem posing tidak berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Kata kunci: pemahaman konsep matematis, pengaruh, problem posing} }