%0 Generic %A RAMADIANI , 1313053125 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %F eprints:29242 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 4 METRO UTARA %U http://digilib.unila.ac.id/29242/ %X Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 4 Metro Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model cooperative learning tipe make a match terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian adalah eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes soal pilihan jamak dan angket penerapan model make a match. Analisis data menggunakan uji-t. Hasil perhitungan hipotesis menggunakan program SPSS 23 diperoleh nilai Sig (2-tailed) 0,009, (0,009<0,05) sehingga Ho ditolak artinya ada pengaruh yang signifikan pada model cooperative learning tipe make a match terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 4 Metro Utara. Kata kunci: hasil belajar, make a match, matematika.