%A 1313053021 ARIF TIRTAYADI %T HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 6 METRO UTARA %X Berdasarkan penelitian pendahuluan di kelas V SD Negeri 6 Metro Utara, permasalahan yang berhubungan dengan prestasi belajar, yaitu; (1) motivasi belajar belum memenuhi harapan; (2) persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru belum memenuhi harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan dan positif antara motivasi belajar dengan prestasi belajar, hubungan yang signifikan dan positif antara persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dengan prestasi belajar, dan hubungan yang signifikan dan positif antara motivasi belajar dan persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru secara bersama-sama dengan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 6 Metro Utara. Jenis penelitian yaitu ex-postfacto korelasi. Populasi berjumlah 67 siswa yang semuanya dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dan multiple correlation. Berdasarkan analisis yang dilakukan hasil penelitian dapat disimpulkan ada hubungan yang signifikan dan positif antara motivasi belajar dengan prestasi belajar ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,612 berada pada taraf ?Sedang?, ada hubungan yang signifikan dan positif antara persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dengan prestasi belajar ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,517 berada pada taraf ?Sedang?, dan ada hubungan yang signifikan dan positif antara motivasi belajar dan persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru secara bersama-sama dengan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 6 Metro Utara ditunjukkan dengan kofisien kolerasi sebesar 0,702 berada pada taraf ?Sedang?. Kata kunci: kompetensi pedagogik, motivasi belajar, prestasi. %C FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2017 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %L eprints29246