@misc{eprints29275, month = {Nopember}, title = {EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 1 Punggur Tahun Pelajaran 2016/2017)}, author = {1313021014 AZIZAH ARUM PUSPANINGTIAS }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN }, year = {2017}, url = {http://digilib.unila.ac.id/29275/}, abstract = {Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model discovery learning ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Punggur tahun pelajaran 2016/2017 yang terdistribusi dalam sembilan kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII B yang diambil dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Instrumen penelitian ini adalah instrumen tes pemahaman konsep matematis. Analisis data penelitian ini menggunakan uji kesamaan dua rata-rata yaitu uji t? dan uji proporsi satu pihak. Berdasarkan hasil penelitian, model discovery learning tidak efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Kata kunci: model discovery learning, efektivitas, pemahaman konsep matematis} }