%0 Thesis %9 Masters %A Darmiyati, 1523031003 %B Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %D 2017 %F eprints:29284 %I Universitas Lampung %T PENGEMBANGAN MODUL PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN BERORIENTASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK SISWA SMA KELAS XII %U http://digilib.unila.ac.id/29284/ %X Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan modul pembelajaran prakarya dan kewirausahaan untuk siswa kelas XII SMA yang menarik dan layak digunakan dalam pembelajaran serta dapat meningkatkan kompetensi siswa. Pengembangan modul prakarya dan kewirausahaan berorientasi pembelajaran kontekstual ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan mengikuti model penelitian pengembangan menurut Borg dan Gall. Penelitian pengembangan ini terdiri dari enam tahap. Tahap pertama adalah analisis kebutuhan yang terdiri dari observasi awal dan analisis kurikulum. Tahap kedua pengembangan model yang terdiri dari pengembangan blue print, flowchart, story board, RPP, dan media pendukung. Tahap ketiga uji ahli yang terdiri dari ahli materi, ahli bahasa dan ahli desain modul pembelajaran. Tahap keempat revisi produk. Tahap kelima uji terbatas dan penyusunan laporan. Tahap keenam uji utama. Hasil penelitian menunjukan bahwa; (1) menghasilkan produk pengembangan berupa modul prakarya dan kewirausahaan berorientasi pembelajaran kontekstual dan (2) modul prakarya dan kewirausahaan berorientasi pembelajaran kontekstual yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XII IPS di SMAN 2 Kalianda Lampung Selatan. Kata kunci: pengembangan, modul berorientasi pembelajaran kontekstual, dan pembelajaran prakarya dan kewirausahaan. abstract The purpose of this research to produce an interesting and suitable handicraft and entrepreneurship module in learning that can increase the competency students. The development of the handicraft and entrepreneurship module based on learning contextual oriented is research and development ( R & D) by following a model research of development according to Borg and Gall. This research consists six phases. The first step is analize preliminary observations and analysis curriculum. The second step is development model consisting of the development of blue print, flowchart, story board, lesson plans, and media supporters. The third step is test expert. It is consist who of material, linguistic, and the design learning module expert.The fourth step is product revision. The fifth step, test limited and the preparation of reports. The last step is main test for module. The results of the research showed that; (1) produce development the handicraft and entrepreneurship module based on oriented learning contextual and (2) The module is effective to accelerate learning achievements students of grade XII social class at SMAN 2 Kalianda South of Lampung. Keywords: development, learning model oriented contextual module, and learning the handicraft and entrepreneurship.