%A 1223011052 Catur Ahmad Novriadi %T PENERAPAN PEMBELAJARAN INKUIRI MATA DIKLAT PERBAIKAN CHASIS DAN PEMINDAH TENAGA PADA MATERI KOPLING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DI KELAS II TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK 2 MEI BANDAR LAMPUNG %X Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan: (1) desain pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa; (2) pelaksanaan pembelajaran; (3) bentuk evaluasi yang dipergunakan; dan (4) peningkatan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran inkuiri. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di kelasII TKRSMK 2 Mei Bandar Lampung. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa(1) desain pembelajaran sudah dibuat sesuai dengan kebutuhan belajar, tujuan pembelajaran, materi, metode dan evaluasi; (2) pelaksanaan pembelajaran menggunakan pembelajaran inkuiri sudah sesuai dengan sintak pembelajaran inkuiri; (3) bentuk evaluasi pembelajaran yang digunakan sudah sesuai dengan pembelajaran inkuiri; dan (4) terjadi peningkatan KPS siswa dari siklus kesiklus dengan rincian pada siklus I sebesar48,99%, siklus II sebesar 59,46%, dan siklus III sebesar 71,71%. Terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus-kesiklus dengan rincian pada siklus I 22,22% mahasiswa mencapai ketuntasan 50,00% pada siklus II, dan86,11% pada siklus III. Kata Kunci: inkuiri, materi perbaikan chasis, pemindah tenaga, keterampilan proses sains abstract The objectives of this study are to describe: (1) inquiry learning design to improve students' science process skills; (2) implementation of learning; (3) the evaluation used; and (4) enhancement of scientific and scientific learning processes by using self-learning. The research was conducted in the Classroom Teknik Kendaraan Ringan SMK 2 Mei Bandar Lampung. Based on the results of the research, it was found that (1) the design of learning has been made with the needs of learning, learning objectives, materials, methods and evaluations; (2) the implementation of the lesson using the learning guidance is completed in two with the syntax of the self-learning; (3) the form of evaluation of learning used after the completion of individual learning; and (4) there was an increase in KPS of the students in the first cycle by 48.99%, the second cycle was 59.46%, and the third cycle was 71.71%. Occurred in the increasing the details of the cycles of 22.22% of the students who completed the 50% cycles in the second cycle, and 86.11% in the third cycle. Key word : inquiry, chasis repair and power transfer, science process skills %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints29290