@misc{eprints293, month = {Desember}, title = {ANALISIS KETERAMPILAN KLASIFIKASI DAN INFERENSI PADA MATERI ASAM-BASA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING SISWA KELAS XI IPA}, author = {NOVITA SAFITRI Sarwan}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas KIP}, year = {2013}, url = {http://digilib.unila.ac.id/293/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan klasifikasi dan inferensi pada materi asam-basa melalui penerapan model pembelajaran problem solving untuk kelompok kognitif siswa kategori tinggi, sedang, dan rendah. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA4 tahun ajaran 2012/2013 MAN 1 Bandar Lampung berjumlah 49 siswa. Metode penelitian ini adalah pre-experimental dengan one-shot case study design. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) keterampilan mengklasifikasi, seluruh siswa berkriteria sangat baik untuk kelompok tinggi, hampir seluruh siswa berkriteria sangat baik dan sebagian kecil berkriteria baik untuk kelompok sedang dan rendah. (2) keterampilan menginferensi, hampir seluruh siswa berkriteria sangat baik dan sebagian kecil berkriteria baik untuk kelompok tinggi; sebagian besar berkriteria sangat baik, hampir separuh berkriteria baik, dan sebagian kecil berkriteria cukup untuk kelompok sedang; sebagian kecil berkriteria sangat baik, hampir separuh berkriteria baik dan cukup, serta sebagian kecil berkriteria kurang Novita Safitri untuk kelompok rendah. Kelompok tinggi memiliki keterampilan klasifikasi dan inferensi lebih tinggi daripada kelompok sedang dan rendah. Kata kunci : problem solving, klasifikasi, inferensi, kelompok tinggi, kelompok sedang, kelompok rendah} }