title: ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT KELURAHAN RAJABASA TERHADAP PELAYANAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK (e-KTP) DI KECAMATAN RAJABASA KOTA BANDAR LAMPUNG creator: KENN SINDY KIRANA JULIA, 1316021044 subject: H Social Sciences (General) subject: HD28 Management. Industrial Management subject: JS Local government Municipal government description: Buruknya pelayanan publik di Lampung menimbulkan ketidakpuasan publik terhadap pemberi pelayanan. Dalam kurun waktu triwulan III 2017, Juli hingga September, Ombudsman RI Perwakilan Lampung telah menerima 114 laporan dari masyarakat. Dari jumlah tersebut, administrasi kependudukan memiliki keluhan terbanyakterkait dengan pelayanan e-KTP, yakni mencapai 49 keluhan. Kecamatan Rajabasa salah satu wilayah yang mendapat keluhan dari masyarakat terkait pelayanan e-KTP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan e-KTP di Kecamatan Rajabasa. Penelitian ini menggunakan 14 Indeks Kepuasan Masyarakat berdasarkan KEP/25/M.PAN/2/2004. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan kuisioner dan dokumentasi sebagai alat atau instrumen penelitian. Tingkat kepuasan masyarakat Kelurahan Rajabasa terhadap pelayanan pembuatan e-KTP di Kecamatan Rajabasa dalam penelitian ini memiliki tiga kategori, yaitu puas, kurang puas dan tidak puas. Dilihat dari pandangan pelayanan kepada masyarkat, yaitu kesederhanaan alur, persyaratan teknis maupun administratif yang diperlukan telah sesuai dengan kebutuhan pelayanan dan tidak menyulitkan. Namun masih terdapat beberapa hal yang membuat masyarkat kurang puas dan bahkan ada yang tidak puas. Dikarenakan keberadaan petugas yang terkadang tidak berada pada pos masing-masing. Kendala teknis yang tidak dapat dihindari pun seperti jaringan yang sudah terkoneksi dengan pusat namun jaringan tersebut tidak stabil sehingga menimbulkan waktu agak sedikit lebih lama. Kata kunci: Pelayanan, e-KTP, Kepuasan LEVEL OF SATISFACTION ANALYSIS RAJABASA SUB-DISTRICT SOCIETY TOWARD PRODUCTION SERVICE OF E-ID IN RAJABASA DISTRICT AT LAMPUNG CITY Poor public services in Lampung cause public dissatisfaction with local government production service. In the third quarter of 2017, Indonesian Ombudsman Lampung’s Delegation has received 114 reports from the community. These amount is the most amount of complaints from population administrationb associated with e-ID service, which reached 49 complaints. Rajabasa District is one of so many areas that got complaints from the society related to e-ID service. The aim of this research is to determine level of satisfaction toward production service of e-ID in Rajabasa District. This research used 14 Community Satisfaction Index: An Empirical Study based on KEP/25/M.PAN/2/2004. After that, in this survey using quantitative descriptive Analysis method by spreading questionnaire and documentation as a tool or instrument of research. Satisfaction level of people in Rajabasa Region towards e- ID card making service at Rajabasa District in this research has three categories, they are satisfied, less satisfied and dissatisfied. If it seen from the service to the peoples, those are flow simplicity, technical and administrative requirements havebeen appropriate to the needs of service and has not burden peoples. But there are some things that make people less satisfied and even some are not satisfied. Due to the presence of officers who sometimes are not in their posts. Technical constraints that cannot be avoided as well as network that have been connected but the network is unstable, so it takes time a little bit longer than it used to. Keywords: Policy, e-ID, Public Satisfication. publisher: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK date: 2017-11-28 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/29332/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/29332/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/29332/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: KENN SINDY KIRANA JULIA, 1316021044 (2017) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT KELURAHAN RAJABASA TERHADAP PELAYANAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK (e-KTP) DI KECAMATAN RAJABASA KOTA BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/29332/