creators_name: Lilian Mega Puri, 1223031024 creators_id: lilianmega11@gmail.com type: thesis datestamp: 2017-12-19 07:04:45 lastmod: 2017-12-19 07:04:45 metadata_visibility: show title: PEMBELAJARAN IPS MODEL STAD PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ispublished: pub subjects: H1 subjects: LB full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran IPS model STAD pada siswa sekolah menengah pertama, (2) mengetahui penerapan pembelajaran IPS model STAD dalam meningkatkan keterampilan sosial pada siswa sekolah menengah pertama. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindak Kelas (PTK) dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif model Divisi Pencapaian-Tim Siswa (STAD). Sampel sebanyak 24 orang siswa kelas VIIH di SMP Negeri 4 Metro. Pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi dengan teknik analisis data deskriptif. Penelitian berjalan selama tiga siklus. Hasil penelitian adalah, Pertama, penerapan pembelajaran IPS model STAD pada siswa sekolah menengah pertama berjalan dengan sangat baik melalui setiap tahapan dalam model STAD. Kedua, penerapan pembelajaran IPS model STAD dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa yaitu (4) perilaku keterampilan sosial yang terbentuk pada siswa yaitu (1) berbagi informasi dan materi, (2) mendengar dan berbicara bergiliran, (3) bekerjasama dan saling menolong, (4) mengendalikan diri. Kata kunci : Pembelajaran IPS, STAD, Keterampilan Sosial abstract This research aims to (1) describes the aplication of social studies learning model of STAD in midle school students, (2) determine the aplication of social studies learning model of STAD to improve the social skill of midle school students. This is a Class Action Research by applying the model of cooperative learning’s method, Student Team-Acievement Division (STAD) that involved 24 students of seven grade in SMPN 4 Metro as sample. The data collection retrieved by observation and documentation using descriptive data analyze technique. This research ran for three cycles. The results are: First, the aplication of social studies learning model of STAD in midle shcool students proceed properly in every fase of STAD. Second, the aplication of social studies learning model of STAD increase the social skills, they are(1) sharing information and materials, (2) listening and speaking alternately, (3) cooperation and mutual help, and (4) self control. Keywords : Social Studies Learning, STAD, Social Skills date: 2017-07-19 date_type: published institution: Universitas Lampung department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: masters citation: Lilian Mega Puri, 1223031024 (2017) PEMBELAJARAN IPS MODEL STAD PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Masters thesis, Universitas Lampung. document_url: http://digilib.unila.ac.id/29343/1/ABSTRACT%20%28ABSTRAK%29.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/29343/2/TESIS%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/29343/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf