TY - THES CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints29383 UR - http://digilib.unila.ac.id/29383/ A1 - Iis Haerunisa, 1423025024 Y1 - 2017/10/25/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh LKPD berbasis inkuiri terbimbing yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada tema zat aditif dan zat adiktif. Desain penelitian dan pengembangan (Research and Development) dilakukan dengan cara studi pendahuluan, pengembangan produk awal, validasi dan revisi, uji coba melalui implementasi LKPD di SMP Negeri 2 Baradatu Kabupaten Way Kanan sehingga diperoleh produk LKPD berbasis inkuiri terbimbing. Kevalidan LKPD diukur dari hasil validasi ahli isi/ materi dan konstruk. Kepraktisan LKPD dilihat dari penilaian keterlaksanaan dan respon peserta didik dalam pembelajaran menggunakan LKPD berbasis inkuiri terbimbing. Keefektifan LKPD dapat dilihat dari peningkatan n-Gain dan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran menggunakan LKPD berbasis inkuiri terbimbing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis inkuiri terbimbing secara konten dan kontruks telah valid; praktis dengan tingkat keterlaksanaan tinggi dan mendapat respon baik dari peserta didik; serta efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dan mendorong aktivitas peserta didik dengan kategori tinggi. LKPD berbasis inkuiri terbimbing hasil pengembangan bisa digunakan sebagai bahan ajar untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VIII pada materi zat aditif dan zat adiktif. Kata kunci: LKPD, materi zat aditif dan adiktif, inkuiri terbimbing, keterampilan berpikir kritis PB - Universitas Lampung M1 - other TI - PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS AV - restricted ER -