%0 Generic %A EKA YULIYANTI, 1513069064 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %F eprints:29390 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 46 GEDONGTATAAN %U http://digilib.unila.ac.id/29390/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan penerapan metode eksperimen pada mata pelajaran IPA pada siswa kelas IV di SD Negeri 46 Gedongtataan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak 2 siklus, dengan jumlah siswa terdiri dari 13 laki-laki dan 11 perempuan. Metode yang digunakan adalah teknik tes dan non tes. Pembelajaran IPA dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 46 Gedongtataan. Rata-rata persentase aktivitas siswa untuk setiap aspek pada siklus I sebesar 37,50 %, dan siklus 2 sebesar 83,33 %. Jadi dapat dikatakan bahwa aktivitas siswa sudah termasuk pada kategori sangat baik. Rata-rata hasil belajar siswa sebesar 62,5, siklus 1 sebesar 65,8 sedangkan pada siklus 2 sebesar 71,67. Dengan persentase sebelum tindakan sebesar 37,5 %, siklus 1 sebesar 54,17 % dan siklus 2 sebesar 83,33 %. Kata Kunci : Aktivitas, Eksperimen, Hasil Belajar IPA