title: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 46 GEDUNG TATAAN creator: SUMIYATI, 1513069065 subject: L Education (General) = Pendidikan description: Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 46 Gedong Tataan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan tes, data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan aktivitas belajar siklus I dan siklus II. Rata-rata prestasi belajar siswa siklus 1 sebesar 70,21 ( 66,67% ) sedangkan pada siklus 2 sebesar 72,71 (83,33). Maka dapat dikatakan bahwa hasil intervensi tindakan yang diharapkan telah tercapai. Kata kunci : aktivitas, prestasi belajar IPS, talking stick. publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2017-11-20 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/29407/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/29407/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/29407/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: SUMIYATI, 1513069065 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 46 GEDUNG TATAAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/29407/