<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "HUBUNGAN HASIL PENGAWASAN APIP DAN BPK DALAM\r\nRANGKA AUDIT DENGAN TUJUAN TERTENTU DALAM\r\nAKUNTABILITAS KEUANGAN DAERAH"^^ . "namanya penggunaan anggaran, tentunya dalam penggunaan anggaran tersebut\r\ndiperlukan suatu control untuk menghindari pemborosan serta penyalahgunaan\r\ndalam penggunaan anggaran. Terdapat dua lembaga pengawasan yang berwenang\r\nmelakukan control terhadap penyelenggaraan pemerintahan, yaitu ada pengawasa\r\nintern dan pengawas ektern, pengawas internal merupakan Aparat Pengawas\r\nInternal Pemerintah yang terdiri dari Badan Pengawas Keuangan dan\r\nPembangunan, Inspektorat Jenderal, Inspektorat wilayah Provinsi dan Inspektorat\r\nWilayah Kabupaten/Kota, sedangkan pengawas ekternal terdiri dari Badan\r\nPemeriksa Keuangan dan juga ada DPR/DPRD.\r\nPermasalahan dalam penelitian ini, bagaimana pelaksanaan pengawasan APIP dan\r\nBPK dalam pemeriksaan dengan tujuan tertentu dalam akuntabilitas keuangan\r\ndaerah, dan bagaimana hubungan hasil pengawasan APIP dan BPK dalam\r\npemeriksaan dengan tujuan tertentu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini\r\nadalah pendekatan secara yuridis normatif dan empiris.\r\nDari hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan audit yang dilakukan APIP\r\ndan BPK dilaksanakan berdasarkan peraturan perundang-undangan, dimana\r\npemeriksaan yang dilakukan yaitu pemeriksaan keuangan, pemeriksaan kinerja\r\ndan pemeriksaan dengan tujuan tertentu.\r\nAudit dilakukan dengan bentuk pemeriksaan secara langsung dan tidak langsung,\r\nyang waktu pelaksanaannya pada awal tahun, pertengahan tahun dan pada akhir\r\ntahun. Sebelum melakukan pemeriksaan terlebih dahulu auditor melakukan\r\npemilihan sample objek yang akan diperiksa. Setelah auditor selesai melakukan\r\npemeriksaan maka auditor membuat laporan hasil pemeriksaan yang nantinya\r\ndiserahkan kepada kepala pemerintahan dan DPR/D.\r\nAudit dengan tujuan tertentu dilakukan oleh auditor ketika adanya temuan yang\r\nterindikasi terjadinya penyalahgunaan anggara, auditor juga dapat melakukan\r\ninvestigasi apabila ada suatu laporan dari masyarakat atau Lembaga masyarakat,\r\npelaksanaan audit dengan tujuan tertentu juga dapat dilakukan apabila ada\r\npermintaan dari kepala instansi atau kepala daerah selaku pejabat pembina\r\nkepegawaian, untuk meminta lembaga pengawas baik internal maupun ekternal\r\nmelakukan audit, permintaan audit dilakukan secara tertulis oleh kepala instansi\r\natau kepala daerah. Selain itu pelaksanaan audit juga dapat dilakukan apabila ada\r\npermintaan dari Aparat Penegak hukum untuk dijadikan bukti dalam suatu kasus\r\nkorupsi.\r\nNantinya laporan hasil auditor intern diserahkan juga kepada BPK untuk nantinya\r\ndigunakan oleh BPK dalam proses pemeriksaan bila diperlukan oleh BPK. Dari\r\nhasil pemeriksaan auditor memberikan opini atau rekomendasi yang nantinya\r\ndapat dijadikan masukan oleh pemerintah dalam menjalankan roda pemerintahan\r\nuntuk mengeluarkan kebijakan yang tepat.\r\nKata Kunci : Hubungan, Pengawasan, APIP, BPK, Akuntabilitas\r\n\r\n\r\nABSTRACT\r\n\r\n\r\nThe exercise of government administration cannot be separated from budget\r\nusing, and certainly budget should be controlled to prevent waste and abuse from\r\nthe budget usage. There are two authorized monitoring institutions to control\r\ngovernment administration exercises; they are internal and external monitoring.\r\nInternal monitoring is the government internal monitoring apparatus including\r\nFinance and Development Audit Board, General Inspectorate, District/Municipal\r\nand Provincial Inspectorates; while external monitoring contains of Audit Board\r\n(BPK) and House of Representative/Regional House of Representative.\r\nThe problems of this research were how did the exercise of APIP and Audit Board\r\n(BPK) monitoring in the regional finance accountability, and how did the\r\ncorrelation of APIP and BPK monitoring results to the audit with special\r\npurposes. This research used normative and empirical jurisdiction approaches.\r\nThe research results showed that the audit by APIP and BPK was conducted based\r\non legislative regulations, where the audit included financial audit, performance\r\naudit, and audit with special purposes.\r\nAudit was exercised directly and indirectly in the early, mid, and end of year.\r\nBefore the audit was exercised, auditors selected object samples to audit. After\r\nauditors conducted the audits, they made reports to handover to government\r\nleaders and House of Representative/Regional House of Representative.\r\nAudit with special purposes was conducted by auditors when there were findings\r\nindicating budget abuse. Auditors could also make audit based on reports from\r\npublic or non-government organizations. The audit with special purposes could\r\nalso be conducted upon the requests of the head of a government institution or\r\nregional head as the elder member officials for civil servant affairs to both internal\r\nand external auditors by written requests. This audit could also be conducted upon\r\nrequest from law enforcers for evidences in corruption crime cases.\r\nThe internal auditor reports were handover to Audit Board (BPK) to use by BPK\r\nin the BPK audit process if required. From the audit results, auditors provided\r\nopinions or recommendations for government for proper policy makings.\r\nKeywords : correlation, monitoring, APIP, Audit Board (BPK),\r\naccountability.The exercise of government administration cannot be separated from budget\r\nusing, and certainly budget should be controlled to prevent waste and abuse from\r\nthe budget usage. There are two authorized monitoring institutions to control\r\ngovernment administration exercises; they are internal and external monitoring.\r\nInternal monitoring is the government internal monitoring apparatus including\r\nFinance and Development Audit Board, General Inspectorate, District/Municipal\r\nand Provincial Inspectorates; while external monitoring contains of Audit Board\r\n(BPK) and House of Representative/Regional House of Representative.\r\nThe problems of this research were how did the exercise of APIP and Audit Board\r\n(BPK) monitoring in the regional finance accountability, and how did the\r\ncorrelation of APIP and BPK monitoring results to the audit with special\r\npurposes. This research used normative and empirical jurisdiction approaches.\r\nThe research results showed that the audit by APIP and BPK was conducted based\r\non legislative regulations, where the audit included financial audit, performance\r\naudit, and audit with special purposes.\r\nAudit was exercised directly and indirectly in the early, mid, and end of year.\r\nBefore the audit was exercised, auditors selected object samples to audit. After\r\nauditors conducted the audits, they made reports to handover to government\r\nleaders and House of Representative/Regional House of Representative.\r\nAudit with special purposes was conducted by auditors when there were findings\r\nindicating budget abuse. Auditors could also make audit based on reports from\r\npublic or non-government organizations. The audit with special purposes could\r\nalso be conducted upon the requests of the head of a government institution or\r\nregional head as the elder member officials for civil servant affairs to both internal\r\nand external auditors by written requests. This audit could also be conducted upon\r\nrequest from law enforcers for evidences in corruption crime cases.\r\nThe internal auditor reports were handover to Audit Board (BPK) to use by BPK\r\nin the BPK audit process if required. From the audit results, auditors provided\r\nopinions or recommendations for government for proper policy makings.\r\nKeywords : correlation, monitoring, APIP, Audit Board (BPK),\r\naccountability."^^ . "2017-12-13" . . . . . "UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . "FAKULTAS HUKUM, UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . . . . . . . "1522011037"^^ . "MUHAMMAD FADEL NOERMAN"^^ . "1522011037 MUHAMMAD FADEL NOERMAN"^^ . . . . . . "HUBUNGAN HASIL PENGAWASAN APIP DAN BPK DALAM\r\nRANGKA AUDIT DENGAN TUJUAN TERTENTU DALAM\r\nAKUNTABILITAS KEUANGAN DAERAH (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK.pdf"^^ . . . "HUBUNGAN HASIL PENGAWASAN APIP DAN BPK DALAM\r\nRANGKA AUDIT DENGAN TUJUAN TERTENTU DALAM\r\nAKUNTABILITAS KEUANGAN DAERAH (File PDF)"^^ . . . "TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . . "HUBUNGAN HASIL PENGAWASAN APIP DAN BPK DALAM\r\nRANGKA AUDIT DENGAN TUJUAN TERTENTU DALAM\r\nAKUNTABILITAS KEUANGAN DAERAH (File PDF)"^^ . . . "HUBUNGAN HASIL PENGAWASAN APIP DAN BPK DALAM\r\nRANGKA AUDIT DENGAN TUJUAN TERTENTU DALAM\r\nAKUNTABILITAS KEUANGAN DAERAH (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "HUBUNGAN HASIL PENGAWASAN APIP DAN BPK DALAM\r\nRANGKA AUDIT DENGAN TUJUAN TERTENTU DALAM\r\nAKUNTABILITAS KEUANGAN DAERAH (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "HUBUNGAN HASIL PENGAWASAN APIP DAN BPK DALAM\r\nRANGKA AUDIT DENGAN TUJUAN TERTENTU DALAM\r\nAKUNTABILITAS KEUANGAN DAERAH (Other)"^^ . . . . . . "HUBUNGAN HASIL PENGAWASAN APIP DAN BPK DALAM\r\nRANGKA AUDIT DENGAN TUJUAN TERTENTU DALAM\r\nAKUNTABILITAS KEUANGAN DAERAH (Other)"^^ . . . . . . "HUBUNGAN HASIL PENGAWASAN APIP DAN BPK DALAM\r\nRANGKA AUDIT DENGAN TUJUAN TERTENTU DALAM\r\nAKUNTABILITAS KEUANGAN DAERAH (Other)"^^ . . . . . . "HUBUNGAN HASIL PENGAWASAN APIP DAN BPK DALAM\r\nRANGKA AUDIT DENGAN TUJUAN TERTENTU DALAM\r\nAKUNTABILITAS KEUANGAN DAERAH (Other)"^^ . . . . . . "HUBUNGAN HASIL PENGAWASAN APIP DAN BPK DALAM\r\nRANGKA AUDIT DENGAN TUJUAN TERTENTU DALAM\r\nAKUNTABILITAS KEUANGAN DAERAH (Other)"^^ . . . . . . "HUBUNGAN HASIL PENGAWASAN APIP DAN BPK DALAM\r\nRANGKA AUDIT DENGAN TUJUAN TERTENTU DALAM\r\nAKUNTABILITAS KEUANGAN DAERAH (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "HUBUNGAN HASIL PENGAWASAN APIP DAN BPK DALAM\r\nRANGKA AUDIT DENGAN TUJUAN TERTENTU DALAM\r\nAKUNTABILITAS KEUANGAN DAERAH (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "HUBUNGAN HASIL PENGAWASAN APIP DAN BPK DALAM\r\nRANGKA AUDIT DENGAN TUJUAN TERTENTU DALAM\r\nAKUNTABILITAS KEUANGAN DAERAH (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "HUBUNGAN HASIL PENGAWASAN APIP DAN BPK DALAM\r\nRANGKA AUDIT DENGAN TUJUAN TERTENTU DALAM\r\nAKUNTABILITAS KEUANGAN DAERAH (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "HUBUNGAN HASIL PENGAWASAN APIP DAN BPK DALAM\r\nRANGKA AUDIT DENGAN TUJUAN TERTENTU DALAM\r\nAKUNTABILITAS KEUANGAN DAERAH (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "HUBUNGAN HASIL PENGAWASAN APIP DAN BPK DALAM\r\nRANGKA AUDIT DENGAN TUJUAN TERTENTU DALAM\r\nAKUNTABILITAS KEUANGAN DAERAH (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "HUBUNGAN HASIL PENGAWASAN APIP DAN BPK DALAM\r\nRANGKA AUDIT DENGAN TUJUAN TERTENTU DALAM\r\nAKUNTABILITAS KEUANGAN DAERAH (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "HUBUNGAN HASIL PENGAWASAN APIP DAN BPK DALAM\r\nRANGKA AUDIT DENGAN TUJUAN TERTENTU DALAM\r\nAKUNTABILITAS KEUANGAN DAERAH (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #29431 \n\nHUBUNGAN HASIL PENGAWASAN APIP DAN BPK DALAM \nRANGKA AUDIT DENGAN TUJUAN TERTENTU DALAM \nAKUNTABILITAS KEUANGAN DAERAH\n\n" . "text/html" . . . "HD61 Risk Management"@en . . . "JS Local government Municipal government"@en . .