creators_name: DWI HASTUTI, 1513069059 creators_id: dwihastuti.az29@gmail.com type: other datestamp: 2017-12-22 08:27:43 lastmod: 2017-12-22 08:27:43 metadata_visibility: show title: PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA ASLI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 JATIINDAH TANJUNG BINTANG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN ispublished: pub subjects: LB1501 full_text_status: restricted abstract: Masalah dalam penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 2 Jatiindah yang rendah. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA melalui penggunaan alat peraga asli di kelas IV SD Negeri 2 Jatiindah Kecamatan Tanjung Bintang. Jenis penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data menggunakan teknik tes (soal pilihan ganda) dan non tes (lembar observasi). Hasil penelitian aktivitas siswa siklus I nilai rata-rata 71,05 sebanyak 9 siswa atau 23,68% tidak mencapai KKM, aktivitas siswa dengan persentase 72,06% dengan kategori aktif. Siklus II nilai rata-rata 85,39 dan tidak ada nilai siswa dibawah KKM, aktivitas siswa 95,59% dengan kategori sangat aktif. Peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II 14,34, peningkatan persentasenya 23,53%, dan peningkatan jumlah siswa yang mencapai KKM 9 siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan, sehingga indikator keberhasilan telah tercapai pada siklus II, alat peraga asli yang diterapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA materi pokok alat panca indra manusia pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Jatiindah Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan. Kata kunci: aktivitas, alat peraga asli, hasil, IPA IMPROVING ACTIVITY AND LEARNING RESULTS THROUGH THE USE OF ORIGINAL AUTHENTIC TOOLS IN STUDENT CLASS IV SD NEGERI 2 JATIINDAH TANJUNG BINTANG DISTRICT SOUTH LAMPUNG The problem in this research is the activity and the result of science learning of fourth grade students of SD Negeri 2 Jatiindah which is low. The purpose of this research is to improve student activity and learning outcomes on science learning through the use of original props in class IV SD Negeri 2 Jatiindah Tanjung Tanjung District. The type of research using Classroom Action Research (PTK) with two cycles consisting of four stages of planning, implementation, observation, and reflection. Methods of data collection using test techniques (multiple choice questions) and non tests (observation sheets). The result of research activity of student of cycle I average score 71,05 as many as 9 students or 23,68% did not reach KKM, student activity with percentage 72,06% with active category. Cycle II average score 85,39 and no student score under KKM, student activity 95,59% with very active category. The increase of the average value from cycle I to cycle II 14.34, the increase of the percentage of 23.53%, and the increase in the number of students who reach KKM 9 students. The results showed a significant improvement, so that the success indicator has been achieved in cycle II, the original props applied can increase the activity and learning outcome of science IPA main material of the human senses in fourth grade students of SD Negeri 2 Jatiindah, Tanjung Bintang Sub-district, South Lampung District. Keywords: activity, original props, results, IPA date: 2017-12-13 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG id_number: 1513069059 citation: DWI HASTUTI, 1513069059 (2017) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA ASLI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 JATIINDAH TANJUNG BINTANG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/29455/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/29455/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/29455/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf