TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints29456 UR - http://digilib.unila.ac.id/29456/ A1 - INAYATU MUBAROKAH , 1343053018 Y1 - 2017/12/11/ N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran ?tema 8 subtema 3 memelihara ekosistem?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran ?tema 8 subtema 3 memelihara ekosistem?. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan nonequivalent control group design. Dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive. Instrumen penelitian menggunakan instrument tes. Metode ini melihat pengaruh pemberian suatu perlakuan Kata Kunci: discovery learning, hasil belajar, tematik. The problem of this research was the students? result of thematic learning was still low. This study aims to find out the effect ofdiscovery learningimplementation to the students? result of ?tema 8 subtema 3 memelihara ekosistem? learning and the difference between the use of Discovery learning and conventional learning. The method of this research was experimental research which used nonequivalent control group design. The design used was Nonequivalent Control Group DesignThe principal instrument that used by researcher are test and sheet of observation. This method was to find out the effect of giving the treatment of the object Keywords: discovery learning, result of learning process, thematic learning. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA 8 SUBTEMA 3 MEMELIHARA EKOSISTEM SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PALAPA BANDAR LAMPUNG AV - restricted ER -