@mastersthesis{eprints29469, month = {September}, title = {PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATERI FLUIDA STATIS BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DI SMA AL-KAUTSAR}, school = {PROGRAM PASCASARJANA MAGISTER PENDIDIKAN FISIKA}, author = {1423022013 SUPARDI}, year = {2017}, url = {http://digilib.unila.ac.id/29469/}, abstract = {Penelitian dan pengembangan ini bertujuan menghasilkan produk berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) materi fluida statis berbasis pendekatan saintifik dengan pembelajaran model inkuiri terbimbing yang mudah, menarik, bermanfaat dan efektif. Penelitian ini dilaksanakan melalui tujuh tahap, yaitu: (1) tahap penelitian awal dan pengumpulan data, (2) tahap perencanaan, dan (3) tahap pengembangan produk awal, (4) tahap uji coba awal, (5) tahap revisi desain, (6) tahap uji coba produk, dan (7) tahap revisi produk. Tahap studi pendahuluan terdiri dari studi literatur dan analisis kebutuhan guru dan siswa di SMA Al-Kautsar Bandar Lampung. Tahap pengembangan menghasilkan LKS materi fluida statis berbasis pendekatan saintifik dengan pembelajaran model inkuiri terbimbing yang tervalidasi baik (90,76\%) dari ahli desain dan tervalidasi cukup baik (75,00\%) dari ahli materi. Tahap Uji coba produk dilaksanakan pada sampel dengan teknik iii sampel klaster secara random yaitu kelas XI.IPA-5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI.IPA-4 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menujukan bahwa LKS hasil pengembangan ini memiliki kategori mudah (85,68\%), menarik (86,23\%), bermanfaat (89,84\%), dan cukup efektif dengan N-gain 0,599. Kata kunci: fluida statis, inkuiri terbimbing, pendekatan saintifik. abstract This Research and development goal is to produce Student Worksheet (SWS) static fluid material based on the scientific approach using guided inquiry learning model, which is easy, interesting, useful and effective. This research was conducted through seven stages, namely: pra-research and data collection stage, planning stage, pra-developing product stage, pra-test stage, revising design stage, product test stage, and revising product stage. The pra-study stage consists of a literature study and teacher and student assessment analysis in Al Kautsar Bandar Lampung high school. The developing stage is produces (SWS) static fluid material with scientific approaches based using guided inquiry learning model with well validated of design expert and well enough of the material expert. The product test stage had been held on the sample with random cluster sampling technique which XI.IPA-5 class as the experimental class and XI.IPA-4 class as v the control class. The results of this study indicate that the developing result SWS s has the easy category, interesting, useful, and good enough effective with the Ngain 0.599. Key words: guided inquiry, scientific approach, static fluid.} }