%A 1313023053 NANDHA ERVINA %T EFEKTIVITAS LKS BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DITINJAU DARI GENDER SISWA %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektifitas LKS berbasis discovery learning pada materi larutan penyangga untuk meningkatkan KPS ditinjau dari gender siswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuasi ek-sperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung semester genap TP. 2016-2017. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan kelas XI IPA 2 dan XI IPA 4 sebagai sampel penelitian. Analisis data menggunakan analisis statistik ANOVA dua jalur (two ways ANOVA), uji t? dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan LKS berbasis discovery learning efektif dalam meningkatkan KPS siswa pada materi larutan penyangga. Pada uji ANOVA dua jalur (two ways ANOVA) diperoleh nilai sig. pada interaksi LKS*gender sebesar 0,477 berarti tidak interaksi antara peng?gunaan LKS dengan gender terhadap KPS siswa. Hasil uji perbedaan dua rata-rata menunjukkan bahwa rata-rata n-gain KPS siswa laki-laki dan siswa perem?puan pada pembelajaran dengan menggunakan LKS berbasis discovery learning lebih tinggi daripada pem?belajaran dengan menggunakan LKS konvensional pada materi larutan penyangga. Pada pembelajaran dengan menggunakan LKS ber?basis discovery learning, rata-rata n-gain KPS siswa laki-laki lebih rendah dari?pada rata-rata n-gain KPS siswa perempuan. Hal ini menunjukkan bahwa LKS berbasis discovery learning efektif pada materi larutan penyangga dalam meningkatkan KPS ditinjau dari gender siswa. Kata Kunci: gender, larutan penyangga, keterampilan proses sains, LKS %C FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2017 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %L eprints29481