%0 Generic %A TITA ADELIA PUTRI, 1313052059 %C FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2017 %F eprints:29486 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %T FAKTOR DOMINAN KEBERHASILAN PENYESUAIAN SOSIAL SISWA AUTIS DI SEKOLAH (Studi Kasus pada 2 Siswa SMA di Provinsi Lampung Tahun 2017) %U http://digilib.unila.ac.id/29486/ %X Masalah penelitian ini adalah rendahnya penyesuaian sosial siswa autis di sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor dominan keberhasilan penyesuaian sosial siswa autis di sekolah pada 2 SMA di Provinsi Lampung Tahun 2017. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian sebanyak 2 siswa yang menderita autis. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan pada catatan tertulis dan hasil observasi yang di analisis ke dalam data intrasubyek dan data intersubyek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor dominan keberhasilan penyesuaian sosial siswa autis di sekolah adalah faktor peran temanteman di sekolah, faktor kemampuan berkomunikasi, faktor keadaan psikologis, faktor kemampuan menyelesaikan masalah, faktor peran lingkungan yang ada di sekolah, faktor peran guru bimbingan dan konseling di sekolah.