creators_name: Reykel Febrian, 1311011131 creators_id: reykelfebrian@ymail.com type: other datestamp: 2017-12-27 06:48:09 lastmod: 2017-12-27 06:48:09 metadata_visibility: show title: PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN LOYALITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PT ASTRA INTERNASIONAL TBK. AUTO 2000 CABANG RADEN INTAN BANDAR LAMPUNG ispublished: pub subjects: HD28 subjects: HD61 full_text_status: restricted abstract: PT Astra Internasional Tbk. AUTO 2000 Cabang Raden Intan Bandarlampung merupakan salah satu dealer Toyota di Bandarlampung. PT Astra Internasional Tbk. AUTO 2000 Cabang Raden Intan Bandarlampung menerapkan budaya organisasi OCAI (organizational culture assesment instrument). Tipe budaya organisasi OCAI yang diterapkan PT Astra Internasional Tbk. AUTO 2000 Cabang Raden Intan Bandarlampung adalah tipe budaya organisasi clan culture yang berfokus pada nilai kekeluargaan. Nilai dalam budaya organisasi ini diharapkan dapat menjadi karakteristik khas yang membedakan dari perusahaan lain, namun yang menjadi permasalahan dalam prakteknya tidak semua karyawan dapat menyesuaikan diri dengan nilai yang terkandung dalam budaya organisasi tersebut. Hal ini kemungkinan akan berdampak pada kinerja karyawan yang bersangkutan. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja karyawan PT Astra Internasional Tbk. AUTO 2000 Cabang Raden Intan Bandarlampung dan untuk mengetahui bagaimana loyalitas memoderasi pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja karyawan PT Astra Internasional Tbk. AUTO 2000 Cabang Raden Intan Bandarlampung. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diadopsi dari jurnal internasional dengan skala likert dan alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi moderasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan serta loyalitas memperkuat pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja karyawan PT Astra Internasional Tbk. AUTO 2000 Cabang Raden Intan Bandarlampung, dibuktikan dengan nilai t hitung variabel budaya organisasi (4,056)> t Tabel (1,9781) dan nilai t hitung variabel moderasi loyalitas (4,593)> t Tabel (1,9781). Nilai varian R square = 0,324 atau 32,4% yang dapat disimpulkan oleh variabel budaya organisasi, loyalitas dan interaksi antara budaya organisasi dengan loyalitas, sedangkan sisanya dijelaskan oleh faktor lain diluar penelitian ini. Saran dari penelitian ini yaitu PT Astra Internasional Tbk. AUTO 2000 Cabang Raden Intan Bandarlampung sebaiknya lebih meningkatkan kemampuan mereka dalam merespon pesaing serta perubahan sehingga dapat bertahan dalam persaingan yang kompetitif, PT Astra Internasional Tbk. AUTO 2000 Cabang Raden Intan Bandarlampung sebaiknya lebih memperhatikan visi, misi, serta tujuan yang ditetapkan di seluruh bagian agar tetap saling berkaitan dan menunjang satu sama lain, karyawan PT Astra Internasional Tbk. AUTO 2000 Cabang Raden Intan Bandarlampung sebaiknya lebih meningkatkan kemampuan serta mental mereka ketika mengalami situasi buruk atau kemunduran dalam bekerja agar di masa depan dapat memperbaiki diri dan berkinerja lebih baik lagi, karyawan PT Astra Internasional Tbk. AUTO 2000 Cabang Raden Intan Bandarlampung sebaiknya lebih menunjukkan fleksibilitas dirinya agar mampu beradaptasi dan menghadapi dengan baik perubahan-perubahan maupun situasi yang tidak pasti di tempat kerja, PT Astra Internasional Tbk. AUTO 2000 Cabang Raden Intan Bandarlampung sebaiknya meningkatkan pendekatan kepada karyawannya agar loyalitas dan keinginan mereka untuk menetap di perusahaan juga meningkat serta PT Astra Internasional Tbk. AUTO 2000 Cabang Raden Intan Bandarlampung sebaiknya memberikan perhatian lebih dalam hal mentransfer nilai-nilai perusahaan kepada karyawannya agar mampu menciptakan persepsi di dalam diri mereka bahwa loyalitas kepada perusahaan merupakan suatu hal yang penting. Kata kunci: Budaya Organisasi, Kinerja Karyawan dan Loyalitas. abstract PT Astra International Tbk. AUTO 2000 Raden Intan Bandarlampung is one of Toyota dealers in Bandarlampung. PT Astra International Tbk. AUTO 2000 Raden Intan Bandarlampung apply organizational culture OCAI (organizational culture assesment instrument). The type of organizational culture OCAI that applied by PT Astra International Tbk. AUTO 2000 Raden Intan Bandarlampung is clan culture that focuses on kinship values. Values in this organizational culture are expected to be distinctive characteristics that differentiate from other companies, but the problem in practice not all employees can adjust to the value contained within the organizational culture. This is possibility to have an impact on the performance of the employee concerned. The aim of this research are to find out the effect of organizational culture on employee performance in PT Astra International Tbk. AUTO 2000 Raden Intan Bandarlampung and to find out the effect of loyalty as moderator on the effect of organizational culture on employee performance in PT Astra International Tbk. AUTO 2000 Raden Intan Bandarlampung. Methods of data collection of this research using a questionaire based on international journal with a likert scale and to analyze the data, researcher used Simple Liniear Regression Analysis and Moderating Regression analysis. The results of this research showed that the organizational culture has positive and significant impact on the employee performance and loyalty strengthen the effect of organizational culture on employee performance in PT Astra International Tbk. AUTO 2000 Raden Intan Bandarlampung, evidenced by the value t arithmetic organizational culture variable (4.056)> t Table (1.9871) and the value t arithmetic variable moderation loyalty (4,593)> t Table (1.9871). The value of variant R square = 0.324 or 32.4% which can be inferred by organizational culture variable, loyalty and interaction between organizational culture with loyalty, while the rest is explained by other factors outside this research. iv Reykel Febrian Suggestions from this research that PT Astra International Tbk. AUTO 2000 Raden Intan Bandarlampung should further improve their ability to respond to competitors and changes so as to survive in competitive competition, PT Astra International Tbk. AUTO 2000 Raden Intan Bandarlampung should pay more attention to the vision, mission, and goals set in all departments to stay connected and support each other, employees of PT Astra International Tbk. AUTO 2000 Raden Intan Bandarlampung should improve their ability and mental when experiencing bad situations or setbacks in work so that in the future can improve themselves and perform better, employees of PT Astra International Tbk. AUTO 2000 Raden Intan Bandarlampung should show more flexibility in order to be able to adapt and deal with both changes and situations that are uncertain in the workplace, PT Astra International Tbk. AUTO 2000 Raden Intan Bandarlampung should increase approach to its employees so that their loyalty and desire to settle in the company also increases and PT Astra International Tbk. AUTO 2000 Raden Intan Bandarlampung should give more attention in terms of transferring company values to employees to be able to create a perception in them that loyalty to the company is an important thing. Keywords : Organizational Culture, Employee Performance, Loyalty. date: 2017-11-13 date_type: published publisher: UNIVERSITAS LAMPUNG place_of_pub: FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS citation: Reykel Febrian, 1311011131 (2017) PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN LOYALITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PT ASTRA INTERNASIONAL TBK. AUTO 2000 CABANG RADEN INTAN BANDAR LAMPUNG. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS. document_url: http://digilib.unila.ac.id/29488/1/ABSTRAK%20%28ABSTRACT%29.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/29488/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/29488/3/SKRIPSI%20FULL.pdf