@misc{eprints29498, month = {Desember}, title = {PENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA TEMA 3 KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 1 GEDUNG MENENG BANDAR LAMPUNG}, author = {1513069061 Armalia Febrinita}, address = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, publisher = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, year = {2017}, url = {http://digilib.unila.ac.id/29498/}, abstract = {Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tema 3 kelas IV SDN 1 Gedung Meneng. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tema 3 dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan tes, data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan aktivitas belajar pada siklus 1 sebesar 70\% sedangkan pada siklus II sebesar 80\%. Rata-rata hasil belajar siswa siklus II sebesar 60\% sedangkan pada siklus II sebesar 90\%. Maka dapat dikatakan bahwa hasil intervensi tindakan yang diharapkan telah tercapai. Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, problem based learning} }