%0 Generic %A Armalia Febrinita, 1513069061 %C FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2017 %F eprints:29498 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %T PENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA TEMA 3 KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 1 GEDUNG MENENG BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/29498/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tema 3 kelas IV SDN 1 Gedung Meneng. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tema 3 dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan tes, data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan aktivitas belajar pada siklus 1 sebesar 70% sedangkan pada siklus II sebesar 80%. Rata-rata hasil belajar siswa siklus II sebesar 60% sedangkan pada siklus II sebesar 90%. Maka dapat dikatakan bahwa hasil intervensi tindakan yang diharapkan telah tercapai. Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, problem based learning