@misc{eprints295, month = {Desember}, title = {EFEKTIVITAS MODEL SIKLUS PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE EXPLAIN PADA MATERI TERMOKIMIA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI DAN PENGUASAAN KONSEP}, author = {Nur Ani Sri Hartati S.Painu}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas KIP}, year = {2013}, url = {http://digilib.unila.ac.id/295/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model siklus pembela- jaran Predict-Observe-Explain (POE) pada materi pokok Terkomia dalam me- ningkatkan keterampilan berkomunikasi dan penguasaan konsep siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa siswi kelas XI IPA 1 SMA Gajah Mada Bandar Lampung semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012-2013. Penelitian ini meng- gunakan metode penelitian Pre-Experimental , dan menggunakan one-group pretest-posttest design. Efektivitas model siklus pembelajaran POE diukur ber- dasarkan nilai n-gain (gain ternormalisasi). Dimana rerata n-Gain untuk keterampilan berkomunikasi siswa 0,4, dengan kriteria sedang. Dan rerata n-Gain penguasaan konsep 0,7, dengan kriteria tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa model siklus pembelajaran POE efektif dalam meningkatkan keterampilan ber- komunikasi dan penguasaan konsep siswa pada materi termokimia. Kata kunci: model siklus belajar POE, keterampilan berkomunikasi, penguasaan konsep.} }