@misc{eprints29544, month = {Desember}, title = {PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERCERITA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 TANJUNG SENANG BANDAR LAMPUNG}, author = {1513069049 Rini Intansari}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2017}, url = {http://digilib.unila.ac.id/29544/}, abstract = {Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan keterampilan bercerita siswa pada pembelajaran tematik kelas IV SDN 2 Tanjungsenang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan keterampilan bercerita siswa pada pembelajaran tematik dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Alat pengumpulan data melalui lembar observasi dan tes, data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I penggunaan media gambar dapat meningkatkan aktivitas belajar meliputi aspek bertanya sebesar 61,54\%, menjawab pertanyaan 38,46\%, diskusi 53,85\%, bekerjasama 46,15\% dan bercerita sebesar 53,85\%. sedangkan pada siklus II aktivitas belajar meliputi aspek bertanya sebesar 84,61\%, menjawab pertanyaan 69,23\%, diskusi 88,46\%, bekerjasama 76,92\% dan bercerita sebesar 92,31\%. Rata-rata keterampilan bercerita siswa siklus 1 meliputi aspek kesesuaian gambar sebesar 57,69\%, ketepatan cerita 50\%, keberanian 42,31, ketepatan kalimat 38,46\% dan kelancaran bercerita sebesar 34,62\%. Sedangkan pada siklus II keterampilan bercerita meliputi kesesuaian gambar sebesar 75,01\%, ketepatan cerita 69,23\%, keberanian 73,07\%, ketepatan kalimat 42,31\% dan kelancaran bercerita sebesar 50\%.Maka dapat dikatakan bahwa hasil intervensi tindakan yang diharapkan telah tercapai. Kata kunci: aktivitas belajar, keterampilan bercerita, media gambar} }