%0 Generic %A Rini Intansari, 1513069049 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %F eprints:29544 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERCERITA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 TANJUNG SENANG BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/29544/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan keterampilan bercerita siswa pada pembelajaran tematik kelas IV SDN 2 Tanjungsenang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan keterampilan bercerita siswa pada pembelajaran tematik dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Alat pengumpulan data melalui lembar observasi dan tes, data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I penggunaan media gambar dapat meningkatkan aktivitas belajar meliputi aspek bertanya sebesar 61,54%, menjawab pertanyaan 38,46%, diskusi 53,85%, bekerjasama 46,15% dan bercerita sebesar 53,85%. sedangkan pada siklus II aktivitas belajar meliputi aspek bertanya sebesar 84,61%, menjawab pertanyaan 69,23%, diskusi 88,46%, bekerjasama 76,92% dan bercerita sebesar 92,31%. Rata-rata keterampilan bercerita siswa siklus 1 meliputi aspek kesesuaian gambar sebesar 57,69%, ketepatan cerita 50%, keberanian 42,31, ketepatan kalimat 38,46% dan kelancaran bercerita sebesar 34,62%. Sedangkan pada siklus II keterampilan bercerita meliputi kesesuaian gambar sebesar 75,01%, ketepatan cerita 69,23%, keberanian 73,07%, ketepatan kalimat 42,31% dan kelancaran bercerita sebesar 50%.Maka dapat dikatakan bahwa hasil intervensi tindakan yang diharapkan telah tercapai. Kata kunci: aktivitas belajar, keterampilan bercerita, media gambar