?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENERAPAN+PEMBELAJARAN+CONTEXTUAL+TEACHING+AND+LEARNING+(CTL)+UNTUK+MENINGKATKAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR%0D%0AIPA+KELAS+IV+SDN+1+TANJUNG+KEMALA+KECAMATAN%0D%0APUGUNG+TAHUN+PELAJARAN+2013%2F2014&rft.creator=Omsenah+Omsenah%2C+11131270+1+0&rft.subject=+&rft.description=Aktivitas+dan+hasil+belajar+Ilmu+Pengetahuan+Alam+siswa+kelas+IV+Sekolah+Dasar+Negeri+1+Tanjung+Kemala+Kecamatan+Pugung+Kabupaten+Tanggamus+Tahun+Pelajaran+2013%2F2014+masih+rendah.%0D%0ATujuan+penelitian+ini+adalah+untuk+meningkatkan+aktivitas+dan+hasil+belajar+Ilmu+Pengetahuan+Alam+melalui+pembelajaran+CTL+pada+siswa+Kelas+IV+Sekolah+Dasar+Negeri+1+Tanjung+Kemala+Kecamatan+Pugung+Kabupaten+Tanggamus+Tahun+Pelajaran+2013%2F2014.%0D%0ASubjek+penelitian+yang+digunakan+adalah+siswa+Kelas+IV+Sekolah+Dasar+Negeri+1+Tanjung+Kemala+semester+genap+tahun+pelajaran+2013%2F2014+yang+berjumlah+30+siswa+terdiri+15+siswa+laki-laki+dan+15+siswa+perempuan.+Dalam+penelitian+ini+data+yang+diperoleh+berupa+aktivitas+kinerja+guru+serta+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa.+Aktivitas+kinerja+guru+diperoleh+saat+peneliti+melaksanakan+pembelajaran+pada+setiap+siklus%2C+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa+diperoleh+berdasarkan+hasil+test+serta+ketuntasan+belajar+pada+masing-masing+siklus.+Instrumen+yang+digunakan+yaitu+lembar+observasi+guru%2C+lembar+observasi+aktivitas+siswa+dan+LKS.%0D%0AHasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+penerapan+pembelajaran+CTL+pada+materi+mengenal+gaya+dapat+merubah+bentuk+benda+dapat+dilaksanakan+dengan+baik+sehingga+dapat+meningkatkan+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa.+Hal+ini+dapat+dilihat+dari+hasil+penerapan+pembelajaran+CTL.+Persentase+aktivitas+belajar+siswa+siklus+I+pertemuan+1+memperoleh+nilai+rata-rata+56%2C67%25+dan+pertemuan+2+menjadi+66%2C67+%25+meningkat+pada+siklus+II+menjadi+90%2C83+%25.+Nilai+hasil+belajar+siswa+rata-rata+pada+siklus+I+pertemuan+1+54%2C67+dengan+ketuntasan+belajar+sebesar+30+%25+pertemuan+2+menjadi+57%2C67+dengan+ketuntasan+36%2C7+%25+dan+meningkat+pada+siklus+II+yaitu+rata-rata+74%2C67+dengan+ketuntasan+belajar+sebesar+90+%25.+Hasil+penelitian+menunjukkan+ada+perubahan+aktivitas+belajar+siswa+siklus+I+dan+siklus+II+naik+sebesar+17+dan+ketuntasan+hasil+belajar+siklus+I+dan+siklus+II+naik+sebesar+53%2C3+%25.+Dengan+demikian+penerapan+pembelajaran+CTL+dapat+meningkatkan+aktivitas+dan+hasil+belajar+Ilmu+Pengetahuan+Alam+pada+siswa+Kelas+IV+Sekolah+Dasar+Negeri+1+Tanjung+Kemala+Kecamatan+Pugung+Kabupaten+Tanggamus.%0D%0AKata+Kunci+%3A+aktivitas%2C+hasil+belajar%2C+Ilmu+Pengetahuan+Alam%2C+CTL&rft.publisher=FAKULTAS++KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2014-08-20&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2956%2F1%2F2.%2520ABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2956%2F2%2F1.%2520CAVER%2520DEPAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2956%2F3%2F3.%2520HALAMAN%2520JUDUL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2956%2F4%2F5.%2520PERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2956%2F5%2F7.%2520PERSEMBAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2956%2F6%2F6.%2520BIODATA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2956%2F7%2F8.%2520MOTTO.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2956%2F8%2F11.%2520DAFTAR%2520TABEL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2956%2F9%2F9.%2520KATA%2520PENGANTAR.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2956%2F10%2F12.%2520DAFTAR%2520GAMBAR.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2956%2F11%2F10.%2520DAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2956%2F12%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2956%2F13%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2956%2F14%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2956%2F15%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2956%2F16%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2956%2F17%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2956%2F18%2FLAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf&rft.identifier=++Omsenah+Omsenah%2C+11131270+1+0++(2014)+PENERAPAN+PEMBELAJARAN+CONTEXTUAL+TEACHING+AND+LEARNING+(CTL)+UNTUK+MENINGKATKAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+IPA+KELAS+IV+SDN+1+TANJUNG+KEMALA+KECAMATAN+PUGUNG+TAHUN+PELAJARAN+2013%2F2014.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F2956%2F