%0 Generic %9 Other %A Omsenah Omsenah, 11131270 1 0 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2014 %F eprints:2956 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENERAPAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SDN 1 TANJUNG KEMALA KECAMATAN PUGUNG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 %U http://digilib.unila.ac.id/2956/ %X Aktivitas dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Tanjung Kemala Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus Tahun Pelajaran 2013/2014 masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam melalui pembelajaran CTL pada siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Tanjung Kemala Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus Tahun Pelajaran 2013/2014. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Tanjung Kemala semester genap tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 30 siswa terdiri 15 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa aktivitas kinerja guru serta aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas kinerja guru diperoleh saat peneliti melaksanakan pembelajaran pada setiap siklus, aktivitas dan hasil belajar siswa diperoleh berdasarkan hasil test serta ketuntasan belajar pada masing-masing siklus. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi guru, lembar observasi aktivitas siswa dan LKS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran CTL pada materi mengenal gaya dapat merubah bentuk benda dapat dilaksanakan dengan baik sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil penerapan pembelajaran CTL. Persentase aktivitas belajar siswa siklus I pertemuan 1 memperoleh nilai rata-rata 56,67% dan pertemuan 2 menjadi 66,67 % meningkat pada siklus II menjadi 90,83 %. Nilai hasil belajar siswa rata-rata pada siklus I pertemuan 1 54,67 dengan ketuntasan belajar sebesar 30 % pertemuan 2 menjadi 57,67 dengan ketuntasan 36,7 % dan meningkat pada siklus II yaitu rata-rata 74,67 dengan ketuntasan belajar sebesar 90 %. Hasil penelitian menunjukkan ada perubahan aktivitas belajar siswa siklus I dan siklus II naik sebesar 17 dan ketuntasan hasil belajar siklus I dan siklus II naik sebesar 53,3 %. Dengan demikian penerapan pembelajaran CTL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Tanjung Kemala Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus. Kata Kunci : aktivitas, hasil belajar, Ilmu Pengetahuan Alam, CTL