TY - THES ID - eprints29638 UR - http://digilib.unila.ac.id/29638/ A1 - Ristika, 1523021040 Y1 - 2017/11/29/ N2 - Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis problem based learning (PBL) guna meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self efficacy siswa. Penelitian ini diawali dari studi pendahuluan (analisis kebutuhan), penyusunan LKPD, validasi LKPD, uji coba lapangan awal, dan uji lapangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.7 dan VII.8 SMP N 1 Bandar Lampung. Data penelitian ini diperoleh melalui tes komunikasi matematis dan skala self efficacy. Hasil studi pendahuluan menunjukkan adanya kebutuhan dikembangkannya LKPD berbasis PBL. Penyusunan LKPD diawali dengan menyusun rancangan dan semua komponennya berdasarkan panduan penyusunan. Hasil validasi menunjukkan bahwa LKPD telah memenuhi standar kelayakan isi dan desain. Hasil uji coba lapangan awal menunjukkan bahwa LKPD termasuk dalam kategori cukup baik. Hasil uji lapangan menunjukkan bahwa (1) aspek komunikasi matematis siswa cukup efektif dilihat dari rerata NGain sebesar 0,63 dimana masuk dalam kategori peningkatan sedang dan (2) self efficacy siswa cukup efektif dilihat dari rerata N-Gain sebesar 0,56 dimana masuk dalam kategori peningkatan sedang. Kata kunci: LKPD berbasis PBL, komunikasi matematis, self efficacy. PB - UNIVERSITAS LAMPUNG M1 - masters TI - PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA AV - restricted ER -