TY - GEN CY - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN ID - eprints29639 UR - http://digilib.unila.ac.id/29639/ A1 - Sunarti, 1013127042 Y1 - 2017/11/14/ N2 - Masalah dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Datarajan Kecamatan Ulubelu Kabupaten Tanggamus Tahun Pelajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Datarajan Kecamatan Ulubelu Kabupaten Tanggamus Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes. Alat pengumpulan data menggunakan instrument berupa lembar pengamatan kinerja guru dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode diskusi kelompok dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV, hal ini ditunjukan berdasarkan presentase peningkatan kinerja guru, pada siklus I mencapai 81,81 % dan pada siklus II mencapai 87,27 %. Demikian juga pada hasil belajar siswa pada siklus I ketuntasan belajar mencapai 58,13 % dalam kategori tuntas belajar. Pada siklus II ketuntasan belajar mencapai 81,39 % dalam kategori tuntas belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui metode diskusi kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa kels IV SD Negeri 1 Datarajan Kecamatan Ulubelu Kabupaten Tanggamus. Kata kunci : hasil belajar, diskusi kelompok. PB - universitas lampung TI - UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 DATARAJAN KECAMATAN ULUBELU KABUPATEN TANGGAMUS AV - restricted ER -