%0 Generic %A AHMAD NASIKUN , 1113053003 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %F eprints:29641 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 2 ENDANG REJO %U http://digilib.unila.ac.id/29641/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPS di kelas IV SD Negeri 2 Endang Rejo. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode problem solving. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus. Tahap setiap siklus yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh melalui teknik non tes dan tes dengan alat pengumpul data berupa lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menujukkan bahwa penerapan metode problem solving dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas siswa pada siklus I mencapai kategori “cukup aktif” dengan kriteria keakifan “sedang”, meningkat pada siklus II menjadi “sangat aktif” dengan kriteria keakifan “sangat tinggi”. Hasil belajar siswa pada siklus I mencapai predikat “baik” mengalami peningkatan nilai rata-rata pada siklus II dengan predikat “baik”. Peningkatan hasil belajar juga diikuti dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa. Ketuntasan belajar siklus I dengan kriteria ketuntasan “sedang”, meningkat pada siklus II dengan kriteria ketuntasan “sangat tinggi”. Kata kunci: aktivitas siswa, hasil belajar, metode problem solving