%0 Generic %A DEFA SEPTIA , 1316021028 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %F eprints:29649 %I FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK %T KEPUASAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN BPJS KESEHATAN (studi kasus di Rumah Sakit Abdul Moeloek Provinsi Lampung) %U http://digilib.unila.ac.id/29649/ %X Pelayanan kesehatan merupakan salah satu hak mendasar masyarakat yang penyediaannya wajib diselenggarakan oleh pemerintah. Tetapi pada kenyataannya pasien peserta BPJS masih belum merasakan kualitas pelayanan kesehatan sesuai harapan. Untuk itu peneliti tertarik untuk mengkaji tingkat kepuasan peserta BPJS terhadap kualitas pelayanan BPJS kesehatan di Rumah Sakit Abdul Moeloek Provinsi Lampung berdasarkan pada 5 Dimensi Kualitas Pelayanan menurut Parasuraman. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penilaian kepuasan peserta BPJS terhadap kualitas BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Abdul Moeloek Provinsi Lampung. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif kuantitatif dengan berfokus pada teori Parasuraman, yaitu tangible, reability, responsiveness, assurance, emphaty. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kepuasan peserta BPJS terhadap kualitas pelayanan BPJS kesehatan di Rumah Sakit Abdul Moeloek provinsi Lampung dengan menggunakan metode servqual meliputi tangible, reability, responsiveness, assurance, dan emphaty masyarakat belum merasa puas. Hal ini ditandai dengan kualitas pelayanan rumah sakit yang masih kurang memuaskan. Sehingga pelayanan rumah sakit masih perlu diperbaiki. Kata kunci: kualitas, kepuasan, BPJS, pelayanan. abstarct The Ministry of health is one of society fundamental rights that has to be arranged by the government. but in reality, the patient still haven’t felt the quality of BPJS health service that they expected. therefore, the researchers interested to study The level of satisfaction participants BPJS on the quality of Health Service BPJS at Abdul moeloek Hospital Lampung Province based on the five dimensions the quality of service according to Parasuraman. The purpose of this research is to uncover the quality of BPJS health service at Abdul Moeloek Hospital Lampung Province using servqual method. this research is using descriptive research type and focusing on the Parasuraman theory, which is tangibles, reability, responsiveness, assurance, emphaty. The results of this research showed that the satisfaction BPJS participants towards BPJS health service at Abdul moeloek Hospital Lampung province using servqual methods include tangibles, reability, responsiveness, assurance, emphaty patients were not satisfied. This can be seen in the Quality of service that still unsatisfactory. So the service is still must be improved. Key word: quality, satisfaction, bpjs, service