@mastersthesis{eprints29668, month = {Desember}, title = {PENGEMBANGAN LKPD DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA }, school = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, author = {1423021071 Ardi Nurrahman}, year = {2017}, url = {http://digilib.unila.ac.id/29668/}, abstract = {Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD yang valid dan praktis, serta efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Subjek uji lapangan pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII Ummu Salamah dan VIII Khalid SMP IT Permata Bunda Islamic Boarding School Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017. Tahapan pengembangan ini yaitu studi pendahuluan, penyusunan LKPD, validasi LKPD, uji coba lapangan awal, dan uji lapangan. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, dan tes pemecahan masalah matematis. Hasil Analisis data validasi ahli materi dan ahli media diperoleh bahwa LKPD termasuk dalam kategori penilaian baik dan sangat baik, sehingga dapat diasumsikan valid. Hasil analisis data kepraktisan diperoleh bahwa LKPD termasuk dalam kategori penilaian baik, sehingga dapat diasumsikan praktis. Hasil analisis data kemampuan pemecehan masalah diperoleh bahwa kriteria kelas penelitian yang menggunakan LKPD dengan menggunakan model penemuan terbimbing lebih efektif daripada yang menggunakan LKPD tersebut. Dengan demikian, LKPD dengan menggunakan penemuan terbimbing valid, praktis serta efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata kunci : pemecahan masalah matematis, LKPD, penemuan terbimbing. } }