TY - GEN CY - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN ID - eprints29687 UR - http://digilib.unila.ac.id/29687/ A1 - WULAN SUMIAR, 1313052061 Y1 - 2017/11/02/ N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kreativitas belajar siswa. Permasalahan penelitian ini ?apakah kreativitas belajar siswa dapat meningkat apabila diberi penguatan positif oleh guru?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang positif antara penguatan positif oleh guru terhadap kreativitas belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional dengan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian sebanyak tujuh puluh satu siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara penguatan positif dengan kreativitas belajar siswa sebesar 56,7% terbukti dari hasil analisis data menggunakan analisis korelasi product moment dari Karl Pearson. Dari hasil pengolahan data tersebut terlihat bahwa nilai > yaitu 0,567 > 0,321 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima yang berarti terdapat hubungan antara penguatan positif oleh guru terhadap kreativitas belajar siswa di MTs Daarul Ma?arif Natar. Kabupaten Lampung Selatan Tahun Ajaran 2016/2017. Kesimpulnnya adalah terdapat hubungan positif antara penguatan positif yang diberikan guru dengan kreativitas belajar siswa MTs Daarul Ma?arif Natar Kabupaten Lampung Selatan tahun ajaran 2016/2017. Kata Kunci : kreativitas belajar, penguatan positif. PB - UNIVERSITAS LAMPUNG TI - HUBUNGAN ANTARA PENGUATAN POSITIF OLEH GURU DENGAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA DI MTS DAARUL MA?ARIF NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017 AV - restricted ER -