<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS MELALUI\r\nMODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION\r\n(CIRC) PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANJIT\r\nTAHUN PELAJARAN 2016/2017"^^ . "Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan\r\nmenulis peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Banjit Kabupaten Way Kanan\r\nTahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1)\r\nrencana pembelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran, (3) penilaian pembelajaran,\r\ndan (4) peningkatan pembelajaran menulis melalui model Coopretive Integrated\r\nReading And Composition (CIRC). Manfaat penelitian ini adalah menumbuhkan\r\naktivitas dan motivasi belajar peserta didik; memperluas wawasan dan\r\npengetahuan bagi guru/peneliti; dan memberikan kontribusi bagi kepala sekolah\r\nuntuk menentukan kebijakan sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran\r\nkhususnya pelajaran menulis. Penelitian ini menggunakan desain penelitian\r\ntindakan kelas ( Classroom Action Research ), yang proses kajian berdaurnya\r\nterdiri atas empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan\r\nrefleksi. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam tiga siklus, dan setiap siklus\r\nterdiri atas dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui\r\nobservasi, dan tes hasil belajar. Pembahasan data dalam penelitian ini dilakukan\r\ndengan cara mencermati semua catatan atau rekaman data untuk dijadikan\r\nlandasan melakukan refleksi. Hasil analisis data disajikan secara kualitatif\r\ndeskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada setiap siklus tampak ada\r\npeningkatan, sebagai berikut. (1) Rencana pembelajaran melalui model CIRC,\r\npada siklus I, hasil penilaian RPP sebesar 77,18, dan pada siklus III sebesar 97,73\r\ndengan kategori amat baik, (2) Pelaksanaan pembelajaran, pada siklus I hasil\r\npenilaian proses sebesar 82,19, dan pada siklus III sebesar 95,86 dalam kategori\r\nsangat baik. (3) Hasil penilaian kemampuan menulis, pada prasiklus, siklus I, II,\r\ndan III masing-masing diperoleh nilai rata-rata sebesar 58,86; 67,76; 75,05; dan\r\n87,24. (4) peningkatan kegiatan pembelajaran secara keseluruhan, baik dari\r\nperencanaan, pelaksanaan, dan penilaian, pada siklus I, siklus II, dan siklus III\r\nmengalami peningkatan yang signifikan.\r\nKata kunci : kemampuan menulis, model CIRC, hasil belajar\r\n\r\n\r\n\r\n\r\nabstract\r\n\r\nProblem raised in this study is the low writing ability students of class VIII SMP\r\nNegeri 2 Banjit Kabupaten Way Kanan, academic year 2016/2017. This study\r\naims to describe (1) lesson plans, (2) implementation of learning, (3) assessment\r\nof learning, and (4) improvement of writing learning through Cooperative\r\nIntegrated Reading and Composition (CIRC) model. The benefits of this research\r\nare fostering students’ activity and learning motivation; broadening insights and\r\nknowledge for teachers / researchers; and contributing the principal to determine\r\nschool policies to improve the quality of learning, especially writing lessons. This\r\nresearch uses classroom action research, where the process of cycling study\r\nconsists of four stages: planning, implementation, observation and reflection. This\r\naction is carried out in three cycles, and each cycle consists of two meetings.\r\nMeanwhile, the data are collected through observation and the result of learning\r\ntest. Data discussion in this study is done by looking at all records or recorded\r\ndata for the basis of reflection. The results of data analysis are presented\r\nqualitatively descriptive. The results of this study indicate that in each cycle there\r\nare increases in (1) learning plan through CIRC model, in the first cycle the result\r\nof RPP assessment is 77.18, and in the third cycle is 97.73 with a very good\r\ncategory. (2) Implementation of learning, in the first cycle the result of assessment\r\nprocess is 82.19, and in the third cycle is 95.86 with a very well category. (3) The\r\nresult of the writing skill assessment in cycle I, II, and III obtained an average\r\nscore of 67,76; 75,05; and 87.24. (4) overall, learning activities, include learning\r\nplanning, learning implementation and learning assessment, from cycle I, cycle II,\r\nand cycle III experienced a significant increase.\r\nKeywords: writing ability, CIRC model, learning outcomes"^^ . "2017-12-08" . . . . . "PROGRAM PASCASARJANA MAGISTER PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA"^^ . . . "UNIVERSITAS LAMPUNG, PROGRAM PASCASARJANA MAGISTER PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA"^^ . . . . . . . . . "1523041007"^^ . "I KETUT KANTIA"^^ . "1523041007 I KETUT KANTIA"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS MELALUI\r\nMODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION\r\n(CIRC) PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANJIT\r\nTAHUN PELAJARAN 2016/2017 (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK.pdf"^^ . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS MELALUI\r\nMODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION\r\n(CIRC) PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANJIT\r\nTAHUN PELAJARAN 2016/2017 (File PDF)"^^ . . . "TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS MELALUI\r\nMODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION\r\n(CIRC) PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANJIT\r\nTAHUN PELAJARAN 2016/2017 (File PDF)"^^ . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS MELALUI\r\nMODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION\r\n(CIRC) PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANJIT\r\nTAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS MELALUI\r\nMODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION\r\n(CIRC) PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANJIT\r\nTAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS MELALUI\r\nMODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION\r\n(CIRC) PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANJIT\r\nTAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS MELALUI\r\nMODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION\r\n(CIRC) PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANJIT\r\nTAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Other)"^^ . . . . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS MELALUI\r\nMODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION\r\n(CIRC) PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANJIT\r\nTAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS MELALUI\r\nMODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION\r\n(CIRC) PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANJIT\r\nTAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS MELALUI\r\nMODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION\r\n(CIRC) PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANJIT\r\nTAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS MELALUI\r\nMODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION\r\n(CIRC) PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANJIT\r\nTAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS MELALUI\r\nMODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION\r\n(CIRC) PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANJIT\r\nTAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS MELALUI\r\nMODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION\r\n(CIRC) PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANJIT\r\nTAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS MELALUI\r\nMODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION\r\n(CIRC) PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANJIT\r\nTAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS MELALUI\r\nMODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION\r\n(CIRC) PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANJIT\r\nTAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS MELALUI\r\nMODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION\r\n(CIRC) PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANJIT\r\nTAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS MELALUI\r\nMODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION\r\n(CIRC) PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANJIT\r\nTAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS MELALUI\r\nMODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION\r\n(CIRC) PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANJIT\r\nTAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #29712 \n\nPENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS MELALUI \nMODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION \n(CIRC) PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANJIT \nTAHUN PELAJARAN 2016/2017\n\n" . "text/html" . . . "L Education (General) = Pendidikan "@en . .