creators_name: CATUR YULI UNTARI , 1313052011 creators_id: caturyuliuntaribk2013@gmail.com type: other datestamp: 2018-01-05 03:11:59 lastmod: 2018-01-05 03:11:59 metadata_visibility: show title: PENGGUNAAN SOLUTION FOCUS BRIEF THERAPY (SFBT) MELALUI LAYANAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN HARGA DIRI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 26 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018 ispublished: pub subjects: L1 full_text_status: restricted abstract: Masalah penelitian ini adalah harga diri siswa yang rendah. Permasalahan dalam penelitian ini “apakah penggunaan Solution Focus Brief Therapy (SFBT) melalui layanan konseling kelompok efektif meningkatkan harga diri siswa kelas VIII SMP Negeri 26 Bandar Lampung?”. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan harga diri siswa menggunakan Solution Focus Brief Therapy (SFBT) melalui layanan konseling kelompok. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen, desain penelitian nonequievalent control group design. Subjek penelitian masing-masing 8 anak terbagi dalam kelompok eksperimen dan kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan Rosenberg Self-Esteem Scale yang diadpopsi dari Syaifuddin Azwar. Hasil analisis dengan menggunakan t-test nilai t hitung 10,464 taraf signifikansi 5% (α 0,05) dan nilai t tabel 2,365, hal ini menunjukkan bahwa t hitung > t tabel (10,464 > 2,365) maka H0 ditolak. Kata kunci : bimbingan dan konseling, harga diri, konseling kelompok, solution focus brief therapy (SFBT) date: 2017-11-09 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: CATUR YULI UNTARI , 1313052011 (2017) PENGGUNAAN SOLUTION FOCUS BRIEF THERAPY (SFBT) MELALUI LAYANAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN HARGA DIRI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 26 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/29734/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/29734/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/29734/3/SKRIPSI%20FULL.pdf