TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints29750 UR - http://digilib.unila.ac.id/29750/ A1 - A RICKY DERIYANTO , 1213021001 Y1 - 2017/12/21/ N2 - Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa. Penelitian ini menggunakan desain posttest only control design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII A ? VIII E SMP Negeri 3 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017 sebanyak 140 siswa yang terdistribusi dalam 5 kelas dengan kemampuan yang relatif sama. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII E yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran TPS tidak efektif ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa. Kata kunci: efektivitas, think pair share, representasi matematis PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DITINJAU DARI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Bandar Lampung Semester GenapTahun Pelajaran 2016/2017) AV - restricted ER -