creators_name: IRNA MENTARI, (1513069009) creators_id: irnamentari@gmail.com type: other datestamp: 2018-01-19 09:16:57 lastmod: 2018-01-19 09:16:57 metadata_visibility: show title: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn DI KELAS V SDN BUMI WARAS KECAMATAN WAY KRUI KABUPATEN PESISIR BARAT TAHUN 2017/2018 ispublished: pub subjects: LB1501 full_text_status: restricted abstract: Masalah dalam penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Make A Match di kelas V. Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian aktivitas siswa siklus I persentase keaktifan siswa mencapai 76% dan pada siklus II persentase keaktifan siswa mencapai 88% siswa yang aktif dalam pembelajaran, sehingga masuk dalam katagori aktif. Hasil penelitian hasil belajar siswa siklus I persentase ketuntasan siswa mencapai 80% dan pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 92% siswa yang telah tuntas belajar, sehingga masuk dalam katagori tuntas belajar. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, Make A Match date: 2017-12-27 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG id_number: 1513069009 citation: IRNA MENTARI, (1513069009) (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn DI KELAS V SDN BUMI WARAS KECAMATAN WAY KRUI KABUPATEN PESISIR BARAT TAHUN 2017/2018. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/29833/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/29833/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/29833/3/SKRIPSI%20FULL.pdf