%A 1013034002 ASYFANIAH BRILIANI 1013034002 %T PENERAPAN PENDEKATAN MULTIREPRESENTASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VIII A SMP ISLAM TERPADU FITRAH INSANI BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017 %X Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui cara penerapan pendekatan multirepresentasi untuk mengatasi masalah aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPS Terpadu (2) meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPS Terpadu di kelas VIII A SMP IT FI Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan jenis data kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 26 siswa kelas VIII A SMP IT FI Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017. Data dikumpulkan menggunakan lembar Instrumen Penilaian Kinerja Guru (IPKG) yang sudah disesuaikan dengan pendekatan multirepresentasi untuk menilai kinerja guru, lembar observasi, dan wawancara untuk melihat aktivitas belajar siswa, serta diari sebagai data pendukung. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik deskripsi analitik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) cara penerapan pendekatan multirepresentasi menggunakan mode verbal pada siklus I, mode gambar pada siklus II, dan mode verbal dan gambar pada siklus III dan IV, (2) penerapan pendekatan multirepresentasi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa di kelas VIII A SMP IT FI Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017. Kata Kunci: aktivitas belajar siswa, ips terpadu, multirepresentasi. ABSTRACT This research aimed to find out (1) how to apply multirepresentation approach to solve the problem of student learning activity in Integrated IPS learning (2) to increase student learning activity in Integrated IPS learning in class VIII A SMP IT FI Bandar Lampung academic year 2016/2017. This research used Classroom Action Research (CAR) method with qualitative data type. The subjects were 26 students in class VIII A SMP IT FI Bandar Lampung academic year 2016/2017. Data was collected using a Teacher Performance Assessment Instrument (TPAI) sheet that had been adapted to a multirepresentation approach for assessing teacher performance, observation sheets, and interviews to see student learning activities, and diaries as supporting data. Data analysis technique used is analytic description technique. The result of the research showed: (1) the way of applying multirepresentation approach using verbal mode in cycle I, picture mode in cycle II, and verbal mode and picture in cycle III and IV; (2) multirepresentation approach can increased student learning activity in class VIII A SMP IT FI Bandar Lampung academic year 2016/2017. Keywords: integrated ips learning, multirepresentation, student learning activity.ctivity. %D 2017 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %R 1013034002 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints29855