@mastersthesis{eprints29863, month = {Desember}, title = {PENGEMBANGAN BAHAN AJAR LKS BERBASIS INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR}, school = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, author = {1523053035 MUHAMMAD KAMILUL MUKMININ}, year = {2017}, url = {http://digilib.unila.ac.id/29863/}, abstract = {Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar LKS berbasis inkuiri yang layak, mendiskripsikan keefektifan LKS berbasis inkuiri, dan mendeskripsikan hasil belajar kelompok siswa belajar menggunakan LKS dengan kelompok siswa belajar tidak menggunakan LKS. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang merujuk pada teori Borg \& Gall. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Gusek 1 Panutan Kecamatan Pagelaran sebanyak 96 siswa. Sampel penelitian sebanyak 40 orang yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpul data menggunakan lembar penilaian LKS oleh ahli materi, ahli media dan pengguna serta soal tes. Teknik analisis data hasil penilaian LKS dilakukan secara deskriptif dan analisis hasil tes dengan n-gain dan t-test. Hasil penelitian menunjukkan LKS berbasis inkuiri efektif untuk meningkatkan hasil belajar. Siswa yang belajar menggunakan LKS memperoleh peningkatan hasil belajar lebih tinggi daripada siswa yang belajar tidak menggunakan LKS . Kesimpulan dari penelitian dan pengembangan yang dilaksanakan, menghasilkan produk bahan ajar LKS berbasis inkuiri yang layak untuk digunakan dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. ABSTRACT The purpose of this research is aims to product LKS inquiry based. This type of research is research and development that refers to Borg \& Gall's theory. The population of this research is students of class IV SD Negeri of Panutan Community School 1 Pagelaran Subdistrict as many as 96 people. Sample of 40 Students obtained by purposive sampling technique. The data collection instruments uses LKS assessment sheet by a material expert, a media expert used and tests. Technique for an analisis assessment expert with description and analisis achievement test with t-test and n-gain. The result of the research shows that LKS Inquiry Based on effective guide. Conclusion product study matter worksheet inquiry based suitable, effective for upgrade achievement and students who use student worksheet inquiry based learning approaches more good.} }