?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=1418011227&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=HUBUNGAN+PERSEPSI+MAHASISWA+TENTANG+LINGKUNGAN+BELAJAR+TERHADAP+MOTIVASI+BELAJAR+PADA+MAHASISWA+TAHAP+PREKLINIK+FAKULTAS+KEDOKTERAN+UNIVERSITAS+LAMPUNG+&rft.creator=ZAFIRA+PRINGGOUTAMI+%2C+1418011227&rft.subject=LB2300+Higher+Education&rft.subject=R+Medicine+(General)&rft.description=Latar+belakang%3A+Pencapaian+prestasi+akademik+dipengaruhi+oleh+dua+faktor%2C+yaitu+faktor+internal+dan+eksternal.+Lingkungan+belajar+merupakan+salah+satu+faktor+eksternal+yang+memengaruhi+pencapaian+prestasi+akademik.+Lingkungan+belajar+yang+kondusif+dapat+meningkatkan+motivasi+belajar+mahasiswa+dan+berpengaruh+terhadap+prestasi+akademik.+Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+hubungan+persepsi+mahasiswa+tentang+lingkungan+belajar+terhadap+motivasi+belajar+pada+mahasiswa+tahap+preklinik+Fakultas+Kedokteran+Universitas+Lampung.%0D%0AMetode+penelitian%3A+Penelitian+ini+menggunakan+pendekatan+cross+sectional.+Sampel+penelitian+ini+terdiri+dari+248+mahasiswa+tahap+preklinik+Fakultas+Kedokteran+Universitas+Lampung+yang+ditentukan+dengan+proportional-random+sampling.+Penelitian+ini+menggunakan+dua+buah+kuesioner+yaitu+Dundee+Ready+Educational+Environment+Measure+(DREEM)+dan+Motivated+Strategies+of+Learning+Questionnaire+(MSLQ).+Analisis+data+menggunakan+uji+Spearman.%0D%0AHasil+penelitian%3A+Hasil+penelitian+ini+menunjukkan+sebagian+besar+mahasiswa+tahap+preklinik+Fakultas+Kedokteran+Universitas+Lampung+memiliki+persepsi+tentang+lingkungan+belajar+yang+cukup+memuaskan+(74%2C6%25)+dan+motivasi+belajar+yang+tinggi+(98%2C8%25).+Berdasarkan+analisis+bivariat+dengan+uji+Spearman+didapatkan+hubungan+persepsi+mahasiswa+tentang+lingkungan+belajar+terhadap+motivasi+belajar+dengan+nilai+p+%3C0%2C05.+%0D%0AKesimpulan%3A+Terdapat+hubungan+bermakna+antara+persepsi+mahasiswa+tentang+lingkungan+belajar+terhadap+motivasi+belajar+pada+mahasiswa+tahap+preklinik+Fakultas+Kedokteran+Universitas+Lampung.%0D%0A%0D%0AKata+kunci%3A+DREEM%2Clingkungan+belajar%2C+MSLQ%2C+motivasi+belajar%0D%0A&rft.publisher=FAKULTAS+KEDOKTERAN+&rft.date=2017-12-21&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F29899%2F1%2FABSTRAK%2520%2528INGGRIS%2520%2526%2520INDONESIA%2529.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F29899%2F2%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F29899%2F3%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN%2520.pdf&rft.identifier=++ZAFIRA+PRINGGOUTAMI+%2C+1418011227++(2017)+HUBUNGAN+PERSEPSI+MAHASISWA+TENTANG+LINGKUNGAN+BELAJAR+TERHADAP+MOTIVASI+BELAJAR+PADA+MAHASISWA+TAHAP+PREKLINIK+FAKULTAS+KEDOKTERAN+UNIVERSITAS+LAMPUNG.++FAKULTAS+KEDOKTERAN+%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG+.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F29899%2F