%0 Generic %A ZAFIRA PRINGGOUTAMI , 1418011227 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2017 %F eprints:29899 %I FAKULTAS KEDOKTERAN %T HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA TAHAP PREKLINIK FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/29899/ %X Latar belakang: Pencapaian prestasi akademik dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan eksternal. Lingkungan belajar merupakan salah satu faktor eksternal yang memengaruhi pencapaian prestasi akademik. Lingkungan belajar yang kondusif dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa dan berpengaruh terhadap prestasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi mahasiswa tentang lingkungan belajar terhadap motivasi belajar pada mahasiswa tahap preklinik Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Metode penelitian: Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini terdiri dari 248 mahasiswa tahap preklinik Fakultas Kedokteran Universitas Lampung yang ditentukan dengan proportional-random sampling. Penelitian ini menggunakan dua buah kuesioner yaitu Dundee Ready Educational Environment Measure (DREEM) dan Motivated Strategies of Learning Questionnaire (MSLQ). Analisis data menggunakan uji Spearman. Hasil penelitian: Hasil penelitian ini menunjukkan sebagian besar mahasiswa tahap preklinik Fakultas Kedokteran Universitas Lampung memiliki persepsi tentang lingkungan belajar yang cukup memuaskan (74,6%) dan motivasi belajar yang tinggi (98,8%). Berdasarkan analisis bivariat dengan uji Spearman didapatkan hubungan persepsi mahasiswa tentang lingkungan belajar terhadap motivasi belajar dengan nilai p <0,05. Kesimpulan: Terdapat hubungan bermakna antara persepsi mahasiswa tentang lingkungan belajar terhadap motivasi belajar pada mahasiswa tahap preklinik Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Kata kunci: DREEM,lingkungan belajar, MSLQ, motivasi belajar